nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Asal Makan! Ini 6 Asupan Rekomendasi Setelah Minum Obat Antibiotik

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 01 Juli 2018 19:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 01 481 1916353 jangan-asal-makan-ini-6-asupan-rekomendasi-setelah-minum-obat-antibiotik-9VFk2QSQvW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANTIBIOTIK bukanlah obat sembarangan yang dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit. Selain ada aturan minumnya, bahkan ada anjuran konsumsi makanan tertentu usai minum obat tersebut.

Obat ini fungsinya efektif mengobati infeksi serius, namun ada yang menimbulkan efek samping serius, misalnya merusak organ hati dan dapat memiliki efek negatif pada bakteri sehat dan sistem pencernaan. Alih-alih mengobati, antibiotik malah bisa mengubah bakteri yang hidup di usus, dapat menyebabkan diare.

Karenanya, ada beberapa makanan yang harus dihindari setelah mengonsumsi antibiotik seperti makanan yang bersifat asam, alkohol, buah yang terlalu matang, dan buah-buahan yang mengandung kalsium dan zat besi.

Meski demikian, ada 6 jenis makanan yang direkomendasikan Anda santap, setelah meminum antibiotik seperti dilansir Boldsky, Minggu (1/7/2018).

Baca Juga:  Mengulik Buah-Buah Unik Hasil Persilangan, Salah Satunya Nangkadak

1. Yoghurt

Yogurt menduduki peringkat teratas daftar makanan probiotik dan tentunya merupakan salah satu makanan terbaik untuk dimakan setelah mengonsumsi antibiotik. Sebab yoghurt dibuat dari susu yang difermentasi menggunakan bakteri probiotik hidup.

Makanan ini juga mengandung Lactobacilli, yang membantu mengembalikan mikrobiota usus dalam keadaan sehat. Jadi, makan yoghurt setelah minum antibiotik dapat meningkatkan kesehatan usus yang sangat berguna untuk Anda.

2. Bawang putih

Bawang putih juga tergolong makanan prebiotik yang cocok dimakan setelah minum obat antibiotik. Kandungan prebiotiknya bertindak sebagai sumber makanan untuk probiotik. Jika ingin sistem pencernaan lancar, Anda disarankan untuk makan tiga siung bawang putih besar, sebab mengandung sekira 2 gram prebiotik.

Baca Juga: Bosan dengan Pisang Goreng? Buah Ini Bisa Jadi Pilihan Lain!

3. Kacang almond

Sekelompok ilmuwan menemukan bahwa kacang almond secara signifikan meningkatkan kadar bakteri usus yang menguntungkan. Sebuah studi mencatat bahwa kacang almond dapat membantu melawan infeksi virus seperti pilek dan flu biasa. Bahkan setelah almond dicerna di usus, masih ada peningkatan kemampuan tubuh untuk melawan virus yang pasti baik manfaatnya.

4. Makanan sumber serat tinggi

Serat tidak dapat dicerna oleh tubuh, tetapi dapat dicerna oleh bakteri usus Anda. Sementara itu, makanan berserat dapat membantu memulihkan bakteri usus yang sehat setelah konsumsi antibiotik. Untuk itu, gabungkan makanan berserat tinggi seperti biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, pisang, buah beri, hingga brokoli setelah minum antibiotik.

5. Anggur merah

Minuman ini mengandung polifenol antioksidan yang tidak dapat dicerna oleh sel manusia, tetapi hanya dapat dicerna oleh bakteri usus yang sehat. Sebuah studi menemukan bahwa meminum wine merah, setidaknya selama empat minggu secara signifikan bisa jumlah Bifidobacteria. Fungsinya dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol darah.

6. Cokelat

Makanan lain yang bisa dimakan setelah minum antibiotik ialah cokelat. Sebab, cokelat mengandung polifenol antioksidan yang memiliki efek prebiotik menguntungkan pada mikrobiota usus.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa polifenol dari cokelat dapat meningkatkan bakteri sehat seperti Lactobacillus dan Bifidobacteria dalam usus. Maka itu, Anda diperbolehkan makan cokelat supaya perut tidak terasa asam dan kembung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini