Share

Potret Single Parent, Bercerai Kita Tidak Runtuh

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 02 196 1916600 potret-single-parent-bercerai-kita-tidak-runtuh-hsCiWwbxsI.jpg Ilustrasi. Foto: Scarymommy

PERASAAN senasib mempertemukan para anggota komunitas ini. Bersama, mereka menata kehidupan kembali, saling menguatkan, dan melawan stigma negatif yang ada di masyarakat untuk satu tujuan; menjadi single parent yang baik.

Perasaan hancur sempat menghampiri Prita ketika akhirnya dia harus berpisah dengan suami dan menyandang status janda. Terlebih, Prita memiliki seorang putri yang amat butuh kasih sayang dan perhatiannya. Ya, sama sekali tidak pernah terlintas sedikit pun dalam benaknya bahwa mahligai rumah tangganya harus berakhir.

Awalnya terasa sulit untuk menerima kenyataan. Namun, dari media sosial, dia bertemu teman SMA-nya dulu, Risma, yang dia lihat amat tabah, sabar, dan ikhlas menghadapi kenyataan pahit yang harus ditelan serupa dirinya. “Lebih penting lagi, Risma bisa survive melewati semuanya tanpa dendam, itu yang aku perlukan untuk bisa lulus dari ujian hidup ini,” tutur Prita yang hobi menari ini.

Lewat Risma, Prita akhirnya bergabung dengan Spinmotion. Komunitas yang senasib inilah yang akhirnya mendukung Prita untuk tetap bertahan dan menjadi single parent yang baik bagi putri semata wayangnya. “Di sini kita bisa nambah saudara, saling menguatkan, nambah ilmu, saling share hal positif, dan dengan segala keterbatasan yang dimiliki, kita tetap saling membantu,” beber Prita.

Single parent. Foto Shutterstock

[Baca Juga: Ini Masalah yang Sering Dialami Ibu Tunggal di Indonesia]

Risma Nilawati sendiri bergabung dengan Spinmotion sejak Januari 2017. Banyak faedah yang dia rasakan sejak bergabung, yang pasti komunitas ini makin menyehatkan mentalnya.

“Kami sharing banyak hal, misalnya bagaimana menjalani hidup setelah perceraian, ber-single parenting yang baik, curhat kesulitan, lalu berbagi solusi. Pokoknya menyenangkan bisa berbagi pengalaman bagi yang masih berjuang untuk bangkit,” kata public figure mantan istri pesinetron Ferry Maryadi ini.

Di sini Risma didapuk sebagai Community Ambassador Head Jabodetabek Special Chapter. Dia juga pembina di Spina Foundation. “Kegiatan kami selain kumpul-kumpul, juga melaksanakan bakti sosial. Ke depannya akan ada seminar dan sebagainya,” tutur ibu satu putri ini.

[Baca Juga: Solusi Asuh Anak untuk Single Parent, Kuncinya Waktu]

“Komunitas ini berfungsi sebagai wadah untuk berbagi kisah dan pengalaman serta bertukar informasi dan tips mengenai single parenting, sekaligus sebagai organisasi yang bertujuan memberdayakan dan menguatkan keluarga broken home,” papar Yasin Malenggang, pendiri komunitas tersebut.

Semenjak berdiri hingga 2018, Spinmotion telah berkembang dan memiliki anggota tidak hanya di Kota Yogyakarta dan sekitarnya, tetapi juga di kota-kota lain di Indonesia. Spinmotion bahkan mendapat kesempatan untuk mengasuh rubrik tersendiri yang secara rutin menampilkan tulisan-tulisan inspiratif dan informatif seputar kehidupan para single parent di Indonesia.

Hingga pertengahan tahun ini, Spinmotion telah memiliki 12 chapter di 12 kota, yakni Batam, Payakumbung, Lampung, Serang, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Kebumen, Jogja, Kediri, dan Samarinda.

Pada tahun ini pula, didirikan sebuah yayasan sebagai kepanjangan tangan dari cita-cita Spinmotion dalam memberdayakan dan menguatkan keluarga broken home, yang diberi nama Yayasan Pintasan Asa Spina (Yayasan Spina).

Pada 23 Juni 2017, bertepatan dengan Hari Janda Sedunia (International Widows Day), Spinmotion menerbitkan buku perdana berjudul #SalamJariTanpaCincin. Buku ini berisi kumpulan kisah nyata dari 16 anggota Spinmotion, kumpulan tips single parenting dari Risma, serta kumpulan tulisan inspiratif Yasin Malenggang yang pernah terbit di sebuah media online nasional dalam rubrik Spinmotion sepanjang 2016-2017.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini