nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Bisa Tidur karena Kram saat Menstruasi, Coba Posisi Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 16:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 02 196 1916678 tak-bisa-tidur-karena-kram-saat-menstruasi-coba-posisi-ini-bAXAEbgXkV.jpg Ilustrai kram perut. (Foto: Wittyfeed)

MENSTRUASI yang terjadi setiap bulan pada perempuan mungkin terasa sedikit menyebalkan. Sebab beberapa perempuan ada yang harus merasakan kram perut parah bahkan ada yang sampai mengalami demam dan tidak bisa bangkit dari tempat tidur karena terlalu lemas.

Selain itu, kram perut juga bisa membuat seorang perempuan kesulitan untuk tidur nyenyak. Beberapa perempuan merasa tidak mungkin untuk tidur nyenyak karena rasa sakit dari kram perut sangat buruk sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

Untungnya, para dokter telah menemukan posisi tidur yang tepat ketika perempuan sedang mengalami menstruasi dan posisi ini bisa membantu meringankan kram perut.

Melansir Mirror, Senin (2/7/2018), sejumlah ginekolog setuju bila posisi terbaik untuk tidur ketika menstruasi adalah seperti janin dalam kandungan ini. Pada posisi ini, perempuan tidur dengan menarik lutut ke arah dada atau seperti meringkuk. Seorang ginekolog, Lisa Lindley menyatakan bila tidur dalam posisi ini dapat meringankan tekanan dari otot-otot perut.

Baca Juga: Punya Lahan Kosong di Belakang Rumah? 5 Pohon Buah Ini Cocok Ditanam

“Dalam posisi ini otot-otot di sekitar area perut dapat bersantai. Hal ini membantu mengurangi ketegangan pada otot yang berarti lebih sedikit kram perut,” ungkap Lisa. Selain itu dirinya juga mengungkapkan posisi yang harus dihindari saat menstruasi yaitu tidur tengkurap," katanya.

Namun, posisi tidur ini dapat meremas rahim sehingga membuat darah yang keluar lebih banyak. Apabila posisi pembalut digunakan tidak tepat, posisi tidur ini dapat meningkatkan kemungkinan ‘bocor’ di malam hari.

Tapi terlepas dari posisi terbaik dan harus dihindari, yang terpenting adalah posisi itu dapat membuat perempuan tidur nyenyak tanpa harus merasakan sakit. Jadi apabila posisi lain dianggap lebih nyaman tidak masalah. Namun apabila posisi yang disarankan tidak membantu, pilihlah cara lain.

Baca Juga: Ingat Ya Moms, Hindari Menyimpan 5 Buah-Buahan Ini di dalam Kulkas

Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebelum tidur untuk membantu menghilangkan kram perut. Pertama, cobalah mandi air hangat karena dapat membantu tubuh menjadi rileks serta menghilangkan rasa sakit.

Kedua, isilah sebuah botol dengan air hangat kemudian letakkan di perut. Cara ini dapat meringankan kram menstruasi. Kemudian jika kedua cara ini tidak berhasil, cobalah memijat perut bagian bawah dengan menggunakan gerakan melingkar ringan.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini