nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesona Alam Eksotis dari Gua di Bawah Air Terjun

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 20:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 02 406 1916771 pesona-alam-eksotis-dari-gua-di-bawah-air-terjun-8hZFvoirsr.jpg Gua Tetes (Foto: Tabloidwisata)

GUA Tetes adalah salah satu destinasi wisata eksotis yang ada di daerah Lumajang, Jawa Timur. Gua yang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh gua lainnya.

Pasalnya, Gua Tetes memiliki stalagmit dan stalagtit yang warnanya kuning hingga keemasan. Warna-warna indah yang dimiliki oleh bebatuan di dalam gua tersebut berasal dari kombinasi antara kandungan kimia dalam batu dengan belerang yang tercampur.

Hal yang lebih uniknya lagi, Gua Tetes terletak di bawah sebuah air terjun, yang airnya merembes masuk ke gua, hingga gua pun akhirnya dinamakan Gua Tetes, persis seperti kejadian alam yang dialaminya. Untuk bisa mencapai Gua Tetes, wisatawan domestik dan mancanegara perlu menyiapkan stamina yang prima, karena ekspedisi gua membutuhkan cukup tenaga.

Baca juga: Waduh! Pangeran Harry Tolak Gandeng Tangan Meghan Markle, Ada Apa Ya?

 

Biarpun melelahkan, namun panorama yang ditawarkan gua bisa dengan sekejap menghilangkan lelah yang terasa. Panorama tebing, tanaman yang tumbuh liar dan subur, hingga lumut yang menyelimuti permukaan yang di tempatinya jadi penyegar pikiran yang mujarab dan membuat Anda lupa akan kesibukan atau rutinitas keseharian.

Menyambangi Gua Tetes tidak lengkap jika tidak menikmati segarnya air yang terdapat di dalam Gua Tetes. Selain menyegarkan, khasiat air yang menetes pada Gua Tetes mitosnya bisa membuat awet muda dan enteng jodoh, jadi bagi wisatawan yang masih lajang bisa semakin dimudahkan jodohnya.

 

 Baca juga: Ingat Ya Moms, Hindari Menyimpan 5 Buah-Buahan Ini di dalam Kulkas

Untuk bisa menikmati indah dan eksotisnya Gua Tetes wisatawan tidak perlu merogoh kocek dalam, karena satu orangnya hanya dikenakan biaya masuk sekira Rp3.000 dan biaya parkir kendaraan Rp5.000. Jarak tempuh untuk mencapai Gua Tetes juga tidak terlalu lama, hanya satu jam perjalanan dari Kota Lumajang dengan jarak Gua Tetes dengan pusat kota sekira 50kilometer.

Jika Anda berminat untuk menyambangi Gua Tetes, kendaraan yang disarankan ialah sepeda motor dan tidak disarankan untuk menggunakan mobil, karena jalanan yang akan dilewati cukup sempit. Rute perjalanan yang umumnya dipilih oleh wisatawan yang pernah berkunjung biasanya dari Malang dan Lumajang, Anda yang dari Malang bisa mengarah ke Kecamatan Dampit, lalu Desa Sidomulyo, langsung ke Gua Tetes. Namun, jika dari Lumajang, arahkan kendaraan ke Kecamatan Pronojiwo, lalu Desa Sidomulyo, baru Gua Tetes.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini