nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sepelekan Luka Gores, Lakukan 4 Langkah Ini kalau Tak Mau Kena Infeksi

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 10:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 02 481 1916502 jangan-sepelekan-luka-gores-lakukan-4-langkah-ini-kalau-tak-mau-kena-ineksi-NwWWaTkWXQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANDA pasti pernah terluka ketika sedang asyik melakukan aktivitas sehari-hari. Luka lecet ataupun tergores merupakan hal yang paling sering terjadi. Tapi, jangan sekali-kali menyepelekan cedera yang Anda miliki, salah-salah luka Anda justru akan semakin memburuk.

Luka ringan memang dapat dirawat di rumah dengan mudah, namun luka yang lebih serius wajib ditangani oleh profesional medis yang terlatih. Dengan dukungan paramedis yang tepat, maka bakteri dan kuman penyebab infeksi bisa segera ditangani.

Dalam keadaan darurat, Anda masih bisa melakukan pengobatan pertama di rumah. Ada beberapa langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengobati cedera yang Anda peroleh tergantung seberapa parah luka yang dimiliki.

Menyadur dari Medical Herald, Senin (2/7/2018), Okezone akan merangkum empat cara sebagai langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk merawat cedera supaya tidak semakin memburuk.

Baca Juga: 5 Buah Pencegah dan Penyembuh Kanker, Coba Dicari Sebelum Terlambat

1. Bersihkan luka

Luka yang Anda alami wajib dibersihkan, supaya tidak menyebabkan infeksi berkelanjutan. Pertama, Anda harus mencuci tangan dan memastikan Anda tidak kuman yang masuk ke luka. Setelah mencuci tangan dengan sabun dan air, bilas luka yang Anda miliki atau kikis dengan air dingin.

Membilas luka akan menghilangkan kotoran dan barang-barang yang tersisa yang menepel pada luka. Gunakan sabun untuk membersihkan luka lebih lanjut.

Baca Juga: Stt.. Ini Rahasia Buah Impor Bisa Awet!

2. Hentikan pendarahan

Jika luka Anda cukup serius dan mengeluarkan banyak darah, ada baiknya untuk segera menghentikan pendarahan. Potongan dan goresan ke kepala atau tangan akan mengeluarkan darah lebih lama. Ini karena jumlah pembuluh darah yang ada di kepala dan tangan lebih banyak dibandingkan organ tubuh lainnya.

Untuk menghentikan pendarahan cukup berikan tekanan kuat pada area pendarahan. Gunakan kain atau kain kasa untuk menghentikan pendarahan dan tekan lukanya dengan kuat.

3. Ke dokter

Jika lukanya memuntahkan darah yang sangat banyak maka ada masalah yang lebih serius. Anda wajib menemui dokter jika darah mengalir deras dan cepat. Kebanyakan luka dan goresan kecil biasanya akan mengeluarkan sedikit darah, namun ada beberapa contoh di mana Anda harus pergi ke ruang gawat darurat.

Luka di bagian wajah, luka gores yang cukup dalam, luka atau goresan yang disebabkan oleh benda berkarat, cedera karena gigitan binatang merupakan beberapa contoh cedera yang berhak mendapatkan perawatan lanjutan.

4. Perban

Tutupi luka dengan perban steril setelah Anda menghentikan pendarahan. Beberapa luka dapat dibiarkan tanpa penutup, tetapi potongan dan goresan yang lebih besar harus ditutup dengan perban.

Jika cedera Anda akan mulai berkeropeng, penting untuk memperhatikan adanya infeksi. Jika lukanya tidak sembuh, maka Anda harus mencari perawatan medis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini