Konsumsi Segenggam Kacang Walnut Bantu Anda Terhindar dari Masalah Diabetes Tipe 2, Ini Faktanya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 02 481 1916507 konsumsi-segenggam-kacang-walnut-bantu-anda-terhindar-dari-masalah-diabetes-tipe-2-ini-faktanya-a368xLyFiW.jpg Manfaat Kacang Walnut (Foto: Dailymail)

MASALAH diabetes menjadi mengkhawatirkan bagi banyak orang sekarang ini. Asupan makanan yang tidak terkontrol dengan minimnya olahraga membuat masalah ini menjadi sangat mungkin terjadi.

Tapi Anda tidak perlu takut. Belum lama ini sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 34.000 responden mengungkapkan fakta baru di mana mengonsumsi segenggam kacang walnut setiap hari bisa menjauhkan Anda dari masalah Diabetes Type 2. Prevalensi penyakitnya bisa lebih rendah hingga 47 persen!

Dr Lenore Arab, seorang penulis studi, mengatakan bahwa ada hubungan yang cukup kuat yang mereka lihat dalam penelitian ini antara konsumen walnut dan prevalensi rendah diabetes tipe 2. "Penelitian lain menunjukkan bahwa walnut juga bermanfaat bagi fungsi kognitif dan kesehatan jantung," kata Dr Arab seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (2/7/2018).

Lebih lanjut mengenai penelitian ini, para peneliti di Sekolah Kedokteran David Geffen di Universitas California, Los Angeles, mengamati angka-angka dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES), yang diambil dari sampel besar populasi AS.

Di penelitian ini, sekitar 34.121 orang dewasa berusia 18 hingga 85 tahun ditanya tentang asupan makanan mereka, serta apakah mereka telah didiagnosis diabetes atau mereka menggunakan obat diabetes. Mereka juga dinilai tingkat diabetes menggunakan pengukuran laboratorium umum termasuk glukosa plasma puasa dan hemoglobin A1c.

Baca Juga:

Mereka yang melaporkan mengonsumsi walnut menunjukkan risiko diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kacang apa pun tanpa memandang usia, jenis kelamin, ras, pendidikan, BMI, dan jumlah aktivitas fisik.

Hal yang mesti diketahui di sini ialah penderita diabetes sering mengalami peningkatan tekanan darah, kolesterol, atau trigliserida, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Fakta ini juga yang kemudian menilai bahwa kacang walnut membuat jantung dan tekanan darah Anda dalam kondisi baik.

Mengapa walnut sehat?

Penelitian sebelumnya telah meneliti hubungan antara konsumsi walnut dan kesehatan kardiovaskular serta diabetes.

Para peneliti mengatakan bahwa manfaat kesehatan dari walnut adalah sebagai sumber yang kaya lemak tak jenuh ganda yang direkomendasikan (13 gram per ons), termasuk di dalamnya juga asam alfa-linolenat asam lemak omega-3 berbasis tanaman (2,5 gram per ons). Studi ini diterbitkan dalam jurnal Diabetes Metabolism Research and Review, didanai oleh California Walnut Commission (CWC).

Makan walnut bermanfaat untuk jantung dan usus

Makan segenggam kenari sehari juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker usus. Fakta ini sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan pada Mei lalu.

Makan hanya sepertiga dari secangkir walnut selama enam minggu secara signifikan mengurangi produksi asam empedu berlebihan, serta menurunkan tingkat kolesterol 'jahat'.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan asam empedu seperti itu dengan kanker usus, sementara kadar kolesterol yang lebih rendah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Para peneliti percaya bahwa kandungan serat kenari tinggi mendorong pertumbuhan bakteri 'baik' di usus, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan usus besar.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini