nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat, 5 Tanda Ini Menunjukkan Gula Darah Anda Tinggi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 13:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 02 481 1916553 catat-5-tanda-ini-menunjukkan-gula-darah-anda-tinggi-EqfLLFBEPN.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

DIABETES atau penyakit akibat tingginya gula darah merupakan pembunuh mematikan yang bisa menimpa siapa saja. Sering terdengar bahwa keturunan penderita diabetes punya kecenderungan untuk mewarisi penyakit tersebut. Tentu yang tidak punya riwayat diabetes di keluarganya pun tetap rentan menjadi penderita.

Salah satu penyebab mengapa diabetes baru terdeteksi belakangan adalah ketidaksadaran penderita akan gejala-gejala naiknya gula darah secara drastis atau dalam istilah medis disebut blood sugar spike. Berikut beberapa gejala awal yang harus Anda waspadai, mengutip dari Self, Senin (2/7/2018).

Cepat Lelah

Merasa sangat lelah, lemah, atau kehilangan tenaga memang bukan gejala spesifik dari naiknya gula darah karena bisa saja sebaliknya, Anda kekurangan kadar gula. Namun, sangat penting untuk tidak mengabaikan rasa lelah yang tiba-tiba menyergap tanpa tes yang memadai.

Baca juga:

Sakit Kepala

 

Gejala yang satu ini terkesan sepele tetapi sangat tidak boleh diabaikan. Kalau Anda mengalami sakit kepala yang kronis, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter karena itu termasuk tanda-tanda peningkatan kadar gula dalam darah.

Pandangan yang kabur

Tingginya glukosa dalam darah bisa mempengaruhi retina mata. Kondisi semacam itu disebut sebagai retinopati diabetik. Akibatnya, Anda mungkin akan mengalami pandangan mata yang sedikit kabur atau blur.

Sering buang air kecil

Buang air kecil memang sehat karena mengeluarkan racun dari tubuh. Tapi, terlalu sering buang air kecil bisa jadi pertanda kalau tubuh Anda sedang tidak sehat. Tambahan glukosa dalam darah dapat memengaruhi ginjal yang kemudian mengeluarkan racun dari darah lewat urin.

Terlalu banyak kadar gula dalam darah dapat merusak pembuluh darah yang ada di dalam ginjal. Akibatnya, proses penyaringan menjadi tidak efisien sehingga Anda akan sering membuang air kecil atau pipis dalam waktu yang berdekatan.

Sering haus

Cepat haus merupakan dampak turunan dari seringnya Anda buang air kecil karena tubuh butuh mengganti cairan yang hilang atau dikeluarkan. Jika sering buang air kecil kemudian Anda cepat merasa haus, segera periksakan kadar gula dalam darah ke dokter sebagai tindakan pencegahan.

Gejala-gejala awal tersebut sebaiknya tidak Anda abaikan. Apabila didiamkan selama beberapa hari atau pekan, beberapa gejala lainnya akan menimpa Anda. Menurut Mayo Clinic, gejala-gejala yang lebih parah antara lain kesulitan berkonsentrasi, mulut menjadi kering, rasa lapar yang kian menjadi, sesak napas, dan sakit pada bagian perut.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini