nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Anda Harus Minum Susu Cokelat Setelah Selesai Olahraga

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 15:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 02 481 1916677 ini-alasan-anda-harus-minum-susu-cokelat-setelah-selesai-olahraga-0F4SCcOgAK.jpg Susu cokelat (Foto: Metro)

TAHUKAH Anda, minuman yang dikonsumsi para atlet setelah selesai bertanding ternyata adalah minuman yang sering kita konsumsi sehari-hari. Ya, daripada menenggak minuman bernergi serta tablet-tablet suplemen berharga fantastis, para atlet top dunia lebih memilih mengonsumsi susu cokelat.

Pertanyaannya, adakah khasiat khusus yang ditawarkan oleh minuman bercita rasa manis tersebut? Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, susu cokelat sebentarnya mengandung kombinasi nutrisi yang sempurna seperti karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit yang diperlukan untuk menambah kadar glikogen.

Penelitian ini mengamati bagaimana susu cokelat memengaruhi pemulihan tubuh manusia, dan membandingkannya dengan minuman olahraga lain. Pertimbangannya adalah seberapa banyak energi yang didapatkan, waktu, hingga detak jantung.

Disimpulkan bahwa susu cokelat memberikan hasil yang sama atau lebih unggul jika dibandingkan dengan placebo atau miniman berenergi lainnya. Kendati demikian, para peneliti mengakui dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan kesimpulan yang pasti. Namun untuk saat ini, mereka menyatakan susu cokelat mengandung unsur-unsur yang diperlukan untuk pemulihan.

Seperti diketahui produk dairy seperti susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi yakni, whey dan kasein. Salah satunya dapat diserap dengan cepat oleh tubuh, dan yang lainnya cenderung lebih lama. Ini berarti, tubuh akan mendapatkan sumber protein berkelanjutan setelah selesai berolahraga.Kandungan protein tersebut juga sangat baik untuk memulihkan otot.

Susu Cokelat

Kandungan protein itulah yang kemudian dikombinasikan dengan karbohidrat yang terdapat pada cokelat. Kandungan gulanya juga memainkan peran penting untuk memastikan apakah tubuh Anda sudah mendapatkan asupan karbohidrat yang tepat. Segelas atau 80 ml susu cokelat mengandung sekitar 30-35g karbohidrat, hampir 3 kali lipat dari susu biasa. Selain itu, susu cokelat juga mengandung magnesium, kalsium, vitamin B6, dan zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi kapan waktu terbaik untuk meminum susu cokelat?

Kelly Pritchett, ahli nutrisi dari University Georgia mengatakan kepada the Guardian: “Untuk meningkan pemulihan, kuncinya adalah mendapatkan karbohidrat dan protein yang Anda butuhkan dua jam pertama setelah berolahraga,”

“Ini adalah peluang terbaik, mengingat kemampunan untuk mengganti glikogen otot akan meningkat pada periode tersebut. Jika Anda menunggu lebih lama, akan dibutuhkan lebih banyak waktu untuk memulikannya secara alami,” tukas Kelly, seperti dilansir dari Metro, Senin (2/7/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini