nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Selalu Buruk, Ini 3 Manfaat Bir Salah Satunya Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 02 481 1916707 tak-selalu-buruk-ini-3-manfaat-bir-salah-satunya-turunkan-risiko-penyakit-jantung-OQMZd5yxA7.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BIR masih menjadi salah satu minuman favorit yang memiliki banyak peminat. Biasanya orang kerap menenggak minuman beralkohol usai menyelesaikan pekerjaannya. Hal tersebut sengaja mereka lakukan untuk menghilangkan jenuh dan kelelahan usai seharian bekerja.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa bir telah lama menjadi minuman para penduduk dunia. Minuman ini sangat dicintai dan telah menjadi pilihan jutaan orang sebagai minuman favorit. Meski demikian, bir tidak selalu memiliki reputasi yang baik dalam kehidupan manusia.

Selama bertahun-tahun lamanya minuman yang terbuat dari bunga hop ini dicerca karena dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Namun ada beberapa pihak yang menilai bir memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan. Mereka menganggap bir adalah minuman yang dapat membantu memoderasi tubuh.

Menyadur dari Medical Herald, Senin (2/7/2018), ada tiga manfaat yang dapat diperoleh bagi orang yang biasa meminum bir.

Baca Juga: Punya Lahan Kosong di Belakang Rumah? 5 Pohon Buah Ini Cocok Ditanam

1. Membantu melepaskan asam lambung

Salah satu fungsi bir bagi tubuh adalah membantu pencernaan makanan. Bir memicu pelepasan asam lambung. Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry dari 2012 menyatakan bahwa semakin banyak asam pahit yang dimiliki bir, maka semakin banyak pula asam lambung yang dihasilkan.

Asam lambung merupakan bahan penting dalam proses pencernaan makanan. Zat tersebut juga dapat mencegah bakteri berbahaya dalam perut untuk tumbuh.

2. Membangun dan memelihara tulang

Susu bukanlah satu-satunya minuman yang bisa membangun dan memelihara tulang. Bir mengandung silikon yang merupakan elemen penting untuk membangun tulang yang kuat. Asam ortosilikat adalah bentuk silikon yang biasa ditemukan dalam bir. Tubuh dapat memecahnya dan menggunakan elemen dengan sangat mudah.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 25 persen. Studi ini mengklaim bahwa orang yang minum satu setengah hingga dua gelas bir setiap hari memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi bir.

Bir mengandung banyak polifenol dan ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Pada 2012 Harvard merilis laporan yang menyatakan bahwa pria yang mengalami serangan jantung lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dalam 20 tahun ke depan, jika mereka minum dia gelas bir setiap harinya.  

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini