nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Bahan Alami yang Bisa Cegah Kanker dan Detoks Paru-Paru

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 19:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 02 481 1916750 5-bahan-alami-yang-bisa-cegah-kanker-dan-detoks-paru-paru-HgFEVgcPNS.jpg Jahe (Foto: Anehara)

KANKER paru-paru dan gangguan pernapasan menjadi momok menakutkan yang tengah menghantui masyarakat perkotaan. Ditambah dengan buruknya kualitas udara dan polusi dari asap kendaraan bermotor membuat risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan paru-paru cukup tinggi.

Memurnikan paru-paru sangat penting untuk Anda lakukan karena dapat mengembalikan fungsi paru-paru, meremajakan vitalitas, mengurangi pembengkakan dan peradangan, membantu membersihkan lendir dari saluran udara, serta meningkatkan sirkulasi di paru-paru.

Pemurnian serta detoksifikasi paru-paru tidak perlu mahal, cukup dilakukan dengan bahan-bahan yang bisa Anda dapatkan di rumah. Berikut beberapa bahan-bahan tersebut, dilansir dari Boldsky, Senin (2/7/2018).                                                                                                    

Baca juga: Waduh! Pangeran Harry Tolak Gandeng Tangan Meghan Markle, Ada Apa Ya?

Jus lemon

Jus lemon sangat membantu dalam detoksifikasi paru-paru. Asma, infeksi, dan penyakit paru-paru lainnya dapat membantu meringankan masalah tersebut. Lemon juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat menguatkan sistem imun tubuh. Caranya dengan meminum 1-2 gelas jus lemon sebelum sarapan setiap hari.

Jahe


Jahe bagus untuk detoksifikasi paru-paru karena sejumlah kandungan kimia yang bisa mengembalikan fungsi alat pernapasan tersebut. Jahe dapat membantu mengeliminasi polutan dari saluran udara sebelum menginfeksi paru-paru Anda. Dalam jangka panjang, jahe sangat baik untuk mencegah serta merawat kanker paru-paru. Anda bisa minum 2-3 cangkir teh jahe setiap hari atau menambahkan jahe mentah saat memasak makanan.

Peppermint

Daun peppermint diklaim dapat membersihkan paru-paru Anda dalam waktu 3 hari. Sebab, daun dan minyak peppermint mengandung menthol yang dapat membantu melegakan otot-otot halus dari saluran pernapasan. Anda cukup mengunyah 3-5 lembar atau meminum 2 cangkir teh dari daun peppermint setiap hari.

Oregano


Oregano kaya akan senyawa seperti terpene dan carvacrol yang berfungsi sebagai elemen pembersih paru-paru. Ramuan ini juga dapat membantu menurunkan peradangan dan kemacetan di paru-paru dengan memperbaiki kondisi saluran hidung dan kesehatan saluran pernapasan Anda. Cukup minum 2 cangkir teh oregano setiap hari demi mengurangi berbagai masalah pernapasan yang terjadi.

Baca juga: Ingat Ya Moms, Hindari Menyimpan 5 Buah-Buahan Ini di dalam Kulkas

Minyak eucalyptus

Minyak eucalyptus atau kayu putih bermanfaat untuk paru-paru karena sifat dekongestan, antiseptik, dan ekspektoran yang kuat. Minyak eucalyptus juga dapat mengatasi hambatan pernapasan, melancarkan saluran sinus, dan bahkan dapat meredakan batuk. Tambahkan 5-10 tetes minyak esensial eucalyptus ke dalam rebusan air panas, kompres kepala Anda dengan handuk, serta hirup uapnya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini