nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunakan Gadget Pelacak Kebugaran, Sehatkah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 02:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 02 481 1916776 gunakan-gadget-pelacak-kebugaran-sehatkah-ll1aboHkhj.jpg Gagdet kebugaran (Foto:Ist)

SEMAKIN majunya teknologi masa kini, membuat sebagian besar masyarakat di dunia bergantung pada kecanggihan gadget. Banyak dari mereka yang memilih untuk hidup sehat, bergantung kepada gadget canggih untuk memberitahukan kegiatan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai hasil sesuai harapan.

Saat ini kehadiran jam pintar maupun band pintar telah menjamur di dunia. Anda bisa dengan mudah membeli salah satu gadget kecil ini dengan harga yang relatif murah di berbagai pusat perbelanjaan. Namun banyak yang bertanya, apakah kehadiran gadget yang mendukung kesehatan ini memiliki dampak yang positif bagi manusia?

Sebenarnya masalah ini masih menjadi pro kontra dalam beberapa tahun terakhir. Jutaan orang tidak meninggalkan rumah untuk bekerja, berolahraga atau melakukan tugas tanpa menggunakan gadget kecil tersebut pada pergelangan tangan mereka. Hampir semua jam tangan maupun band pintar masa kini dilengkapi dengan fitur pelacak kebugaran. Bahkan beberapa ponsel pintar saat ini juga bisa melakukan hal tersebut hanya dengan meletakannya di saku celana.

Menyadur dari Medical Herald, Selasa (3/7/2018), Okezone akan membahas mengenai pro dan kontra penggunaan pelacak kebugaran dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:

5 Buah Penambah Stamina Tempur di Ranjang, Buktikan Sendiri kalau Gak Percaya

Kelebihan menggunakan pelacak kebugaran

Beberapa masyarakat mengaku terbantu dengan kehadiran pelacak kebugaran yang terdapat pada berbagai gadget saat ini. Fitur pedometer atau penghitung langkah kaki menjadi hal yang paling disukai oleh masyarakat. Fitur ini dapat memonitor seberapa banyak Anda berjalan untuk mencapai tujuan kesehatan.

Pelacak kebugaran berhasil menjaga individu untuk fokus pada kesehatan mereka. Selain pedometer, fitur tersebut mampu melacak kalori, jarak dan aktivitas kebugaran lainnya yang mampu memotivasi diri untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

 

Penelitian menunjukkan bahwa memakai perangkat untuk melacak kesehatan akan meningkatkan motivasi Anda, namun di sisi lain hal tersebut membuat Anda menjadi tidak aktif. Pelacak kebugaran mempengaruhi Anda untuk bangun dan bergerak yang memungkinkan pembakaran kalori.

Selain itu pelacak kebugaran memberikan pemakainya langkah dan jarak yang tepat. Angka-angka bisa sangat serius bagi orang yang terbiasa aktif setiap hari. Anda mungkin menemukan bahwa perkiraan langkah dan jarak, jauh dari jumlah sebenarnya. Itu mungkin adalah salah satu alasan utama mengapa Anda tidak dapat menurunkan berat badan.

Kekurangan menggunakan pelacak kebugaran

Salah satu masalah terbesar dari pelacak kebugaran adalah memberikan si pemakai merasa kehilangan berat badan yang salah. Anda mungkin berpikir bahwa memenuhi target langkah atau jarak setiap hari pertanda bahwa Anda harus makan lebih banyak. Padahal Anda harus menggabungkan makan sehat dengan latihan untuk benar-benar memenuhi tujuan tersebut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa pengguna perangkat kebugaran yang lebih memperhatikan pencapaian target jarak jangka pendek daripada tujuan keseluruhan mereka. Para pemakai ini memeriksa pelacak mereka secara teratur dan memiliki kecanduan untuk terus melakukannya.

BACA JUGA:

5 Buah Penambah Stamina Tempur di Ranjang, Buktikan Sendiri kalau Gak Percaya

Sangat penting bagi Anda untuk tidak berkecil hati dengan Angka yang Anda lihat dalam pelacak kebugaran Anda. Anda bisa mengalami depresi jika tidak dapat mencapai angka tertentu dan berujung pada menyerah untuk berolahraga.

Pelacak kebugaran dapat menjadi alat penurun berat badan dan kesehatan yang hebat. Akan tetapi pengguna perlu menemukan cara yang tepat untuk menggabungkan pelacak kebugaran tanpa menggangu kehidupan mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini