Salah Satu Cara Hentikan Kebiasaan Mendengkur, Diet!

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 02 481 1916845 salah-satu-cara-hentikan-kebiasaan-mendengkur-diet-7xry0xRtrH.jpg Tidur (Shutterstock)

TAK sedikit orang mendengkur saat tidur, baik pada pria maupun wanita. Kalau terjadi demikian, Anda harus segera mengatasinya supaya tidak mengganggu kualitas tidur Anda.

Sebabnya mendengkur dapat mengganggu tidur orang-orang di sekitar Anda juga. Suaranya cukup keras dan sangat mengganggu kenyamanan.

Sayangnya, hampir 45% orang dewasa mengalaminya. Perlu diketahui, mendengkur terjadi ketika otot-otot rileks di tenggorokan bergetar, kemudian mulai menghasilkan suara.

 Baca juga: Datangi Premier Film, Selena Gomez Gemerlap dengan Perhiasan Seharga Rp304 Juta

Tidur

Mendengkur juga sering dianggap sebagai gangguan tidur. Karenanya, Anda harus segera mengatasinya supaya tidak mengganggu. Berikut cara-caranya, dilansir Timesofindia, Senin (2/7/2018).

1. Kurangi berat badan

Berat badan berlebihan bisa menjadi alasan seseorang sering mendengkur. Kondisi ini mungkin memicu jaringan ekstra di tenggorokan yang menyebabkan kebisingan. Semakin banyak blok tenggorokan Anda, semakin banyak udara masuk dan akhirnya terjadi getaran yang ditandai dengan suara dengkuran.

2. Latih lidah dan tenggorokan Anda

Dengan membuat otot-otot di tenggorokan dan lidah Anda lebih kuat, Anda bisa mengurangi dengkuran. Salah satunya dengan melakukan olahraga yang melibatkan kekuatan otot. Terlebih pada orang-orang yang mulai menua, terjadi kehilangan elastisitas jaringan otot yang menghalangi saluran udara. Tak pelak Anda jadi kerap mendengkur ketika tidur.

 Baca juga: Outfit Ikonik di Balik Kecantikan Mendiang Putri Diana, Salah Satunya Elvis Dress

Adapun cara melatihnya antara lain:

 Dengkur

a. Mencoba untuk menjulurkan rahang

Julurkan rahang bawah atas rahang atas dengan gigi. Hitung perlahan hingga 10 kali. Ulangi 7-10 kali sehari.

b. Buat lidah Anda Latihan

Anda dapat melakukan beberapa latihan lidah dengan mengatakan, "Bibir, gigi, ujung lidah." Ulangi 10-20 kali.

c. Gerakkan lidah

Gerakan lidah ke kanan, lalu ke kiri, kemudian menyentuh sudut bibir Anda. Pastikan sudutnya tetap lurus. Lakukan ini dua kali sehari.

 Baca juga: Daisy May, Penyandang Disabilitas yang Berhasil Jadi Model Cilik Profesional!

3. Hindari merokok

Merokok berbahaya bagi kesehatan yang nantinya berdampak buruk. Selain itu, merokok dapat menjadi salah satu alasan di balik dengkuran. Ini menyebabkan pembengkakan dan penyumbatan saluran udara, yang bikin orang terganggu.

4. Hindari alkohol dan obat penenang sebelum tidur

Untuk mencegah mendengkur jangan minum alkohol sebelum tidur. Karena alkohol melemaskan jaringan di tenggorokan dan membuat lidah Anda terjatuh. Akibatnya, ini menghalangi jalan napas dan menyebabkan dengkuran.

5. Menyesuaikan bantal Anda

Bantal Anda seharusnya tidak terlalu empuk atau terlalu datar. Tapi tinggikan bantal Anda saat tidur untuk membuka saluran napas. Dengan cara ini Anda bisa terhindar dari kebiasaan mendengkur yang sangat mengganggu.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini