nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kulit Kering di Bagian Pipi? Bagaimana Perawatannya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 21:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 03 194 1917452 kulit-kering-di-bagian-pipi-bagaimana-perawatannya-L5AHhlQ8N5.jpg Ilustrasi (Foto: Mjmagazine)

SELAIN kulit berminyak, kondisi kulit wajah yang kering juga sama menyebalkannya loh. Siapa sih yang tidak sebal, karena kondisi kulit wajah yang kering, serpihan kulit kering berwarna putih suka muncul di wajah dan mengganggu penampilan?

Tidak hanya tubuh, kondisi kulit yang kering ini bisa terjadi hanya di bagian tertentu saja di wajah, salah satunya di area pipi. Salah satu alasan kenapa kulit di area pipi bisa kering, padahal bagian wajah lainnya tidak ialah karena pemakaian kosmetik dan sabun yang digunakan. Selain karena faktor seperti kelenjar sebaceous yang menjadi lamban seiring pertambahan dengan usia.

Jika sudah kronis kondisinya, memang sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter. Namun jika masih bisa diatasi dengan perawatan sendiri di rumah, Anda bisa mencoba enam tips merawat kulit kering di bagian pipi berikut ini, seperti dilapor Boldsky, Selasa (3/7/2018).

Baca Juga: Cantik dan Seksinya Penampilan Kekasih Neymar, Bruna Markuezine yang Bikin Pria Susah Berkedip

1. Oles minyak almond 

Oles minyak almond secukupnya di area kulit pipi yang kering, lalu pijat-pijat pelan dan teratur bagian pipi ini. Jika ingin hasil yang lebih baik dan cepat, minyak almond ini bisa dicampur dengan lidah buaya dengan rasio 1:1 sendok teh, lalu oleskan ke kulit pipi yang kering tersebut.

2. Petroleum jelly

Pengaplikasiannya sama seperti minyak almond, cukup balurkan petroleum jelly secukupnya di area pipi, pijat-pijat pelan. Lakukan ritual ini setiap malam sebelum tidur dan juga di pagi hari. Petroleum jelly d sini berfungsi sebagai is moisturizer alami.

3. Minum air 

Menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi dengan baik juga dapat jadi salah satu upaya untuk membantu mengurangi kulit kering. Jadi, pastikan kita sudah minum cukup air untuk mencegah kulit terkelupas dan kering.

 

4. Gunakan air hangat 

Alih-alih menggunakan air panas, yang mana bisa mengikis kandungan minyak alami dari dalam kulit, gunakanlah air hangat untuk membersihkan wajah. Trik ini akan membantu mengatasi kulit kering dengan menjaga tingkat kelembapannya.

5. Jangan digaruk

Kulit yang kering, kadang menyebabkan rasa gatal. Jika terasa gatal, sebisa mungkin tahan diri untuk menggaruk dan menggoresnya. Sebab, jika ini terjadi maka bisa menyebabkan iritasi kulit lebih lanjut. Coba gunakan cara alami yakni meletakkan potongan es batu di atas area kulit yang terasa gatal.

6. Pilih sunscreen yang tepat 

Tabir surya adalah produk penting dan wajib dimiliki. Tapi berhati-hati lah saat memilih tabir surya. Selalu pilih produk tabir surya yang memiliki minyak zaitun atau lidah buaya sebagai kandungan dasar di dalamnya. Setidaknya, cara ini bisa membantu agar kulit terhidrasi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini