Rayakan Izin Mengemudi, Ini yang Dilakukan Perempuan Arab Saudi di Jalanan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 06:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 03 196 1917418 rayakan-izin-mengemudi-ini-yang-dilakukan-perempuan-arab-saudi-di-jalanan-zNrVEQ86ET.jpg Perempuan Arab rayakan izin mengemudi dengan lagu (Foto: Leesaseal/Instagram)

PEREMPUAN di Arab Saudi dilarang mengemudikan kendaraan. Keputusan ini dianggap keliru dan akhirnya Kerajaan Arab Saudi secara resmi membuang peraturan tersebut dan perempuan di sana sudah boleh membawa kendaraan sendiri.

Keputusan perizinan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) ini pun langsung diberikan oleh Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud sejak Juni lalu. Setelah terbitnya peraturan ini, tak sedikit dari perempuan Arab Saudi yang merayakan kebebasan tersebut dengan mengunggah foto di media sosial.

Tak hanya foto, ada juga wanita Arab Saudi yang mendadak viral karena aksi ngerap-nya yang dinilai sangat baik. Bukan tanpa sebab, lirik lagu rap yang dia ciptakan sendiri itu mengandung kalimat kebahagiaan yang sepertinya sudah dinantikan banyak perempuan Arab lainnya.

Adalah Leesa Seal. Lagu yang dia ciptakan tersebut berjudul "We Are Driver" telah ditonton banyak warganet dan video klipnya pun sudah banyak bertebaran di media sosial.

 (Baca Juga:Pesona Syed Saddiq, Menteri Termuda Malaysia Nan Tampan Bikin Salah Fokus!)

Pada lagu tersebut, dia bernyanyi sambil mengenakan abaya dan menyetir sebuah mobil. Tak hanya menyetir, dia pun bernyanyi sambil mengeluarkan badannya lewat jendela mobil. Benar-benar mengeluarkan kebebasannya.

A post shared by Leesa - ليسا (@leesaseal) on Jun 24, 2018 at 8:09am PDT

Pada lirik lagu tersebut, sangat tergambar dengan jelas bagaimana suasana para perempuan Arab Saudi. "Aku tidak butuh siapa pun untuk membawaku ... SIM sudah saya miliki!" katanya seperti dilansir dari BBC, Rabu (4/7/2018).

Penasaran dengan lirik lagunya? Berikut sepenggal liriknya:

Yo, you seem to be forgetting that today is the 10th

This means there no taxis

I am not kidding, today I can drive myself

The steering wheel in my hands, the pedal under my foot

Put the seat belt over my abaya

 

Atau artinya,

Yo, kamu sepertinya lupa bahwa hari ini adalah tanggal 10

Ini berarti tidak ada taksi

Saya tidak bercanda, hari ini saya bisa menyetir sendiri

Roda kemudi di tangan saya, pedal di bawah kaki saya

Saya menaruh sabuk pengaman di atas abaya saya

Melihat hal tersebut banyak sekali netizen yang turut bahagia. Beberapa juga bahkan ikut membagikan foto-fotonya yang sudah mengendarai mobil di jalanan.

Seperti postingan beberapa netizen berikut ini:

1. Apresiasi peraturan baru

 

Akun Twitter @romeu membagikan foto di mana dia melihat seorang polisi membagikan bunga mawar untuk perempuan yang sudah mengemudi di jalanan. Sweet!

2. Dukungan suami

 

Akun Instagram @malekalmousa membagikan foto dirinya bersama sang istri yang sudah mengendarai mobil. Sang suami pun seperti memberitahukan bahwa SIM istrinya sudah keluar. Dukungan seperti ini tentu diimpikan banyak perempuan, ya.

3. Support antar perempuan

 

Tidak hanya dukungan dari suami, sesama perempuan pun menjadi hal penting yang harus dilakukan. Seperti para perempuan ini yang rela turun dari mobil dan menghampiri perempuan lain yang sudah mengemudi di jalanan.

4. Kebahagiaan menjadi hak setiap individu

 

Merayakan kebebasan ini tidak kemudian harus meninggalkam tugas utama istri. Bahagia boleh, tapi tetap ingat rumah, ya. Postingan @ahmed di Twitter menggambarkan betapa bahagianya perempuan Arab Saudi dengan keluarnya kebijakan ini.

5. Kebahagiaan untuk banyak orang

 

Memang perempuan yang merasakan langsung dampak keputusan ini. Tetapi, tidak ada salahnya pria juga mendukung dan memberikan semangat untuk perempuan yang ingin belum mendapatkan SIM. Foto ini dibagikan oleh akun Twitter @AFP belum lama dari keluarnya keputusan ini.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini