nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Telur Rebus Matang Sempurna, Berapa Sih Lama Masak yang Dibutuhkan?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 09:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 03 298 1917050 telur-rebus-matang-sempurna-berapa-sih-lama-masak-yang-dibutuhkan-4bNq7Hmp0W.jpg Tips memasak telur rebus (Foto:Yahoofood)

TELUR jadi salah satu bahan makanan yang diandalkan banyak orang untuk disantap sehari-hari. Mudah didapatkan, jadi sumber protein yang terjangkau, dan mudah diolah jadi berbagai bentuk masakan jadi sedikit dari sekian alasan mengapa telur bisa diandalkan.

Tidak hanya digoreng atau dibuat jadi orak-arik, cara pengolahan direbus jadi salah satu cara yang banyak dipilih untuk mengolah telur.

Namun tidak sedikit juga dari kita yang belum paham betul perihal, sebetulnya seberapa lamakah waktu ideal yang dibutuhkan untuk merebus telur dengan sempurna? Demi menghindari bagian putih telur yang belum matang namun bagian kuningnya sudah terlalu keras teksturnya.

BACA JUGA:

Cantik dan Seksinya Penampilan Kekasih Neymar, Bruna Markuezine yang Bikin Pria Susah Berkedip

Well, merebus telur ini memang bukan hanya perkara membutuhkan air dan panci saja. Tetapi juga perhitungan waktu yang tepat. Cara terbaik untuk menghitung waktu merebus yang tepat ialah dengan menggunakan bantuan timer, bisa dengan handphone ataupun alat timer untuk memasak sesungguhnya. Selain itu, disebutkan jauh lebih mudah jika sebelumnya kita sudah memastikan bahwa air (banyak) yang ada di dalam panci sudah mendidih di dalam panci sebelum telur dimasukkan

 

Jika Anda suka kuning telur Anda lembut dan berair, dikatakan bahwa Anda hanya perlu memasaknya untuk waktu yang singkat, tetapi untuk kuning yang lebih padat Anda bisa memasaknya dalam jangka waktu hingga 12 menit. Untuk yang mau bagian kuningnya sangat lembut bisa direbus dalam waktu selama 4 menit, untuk kuning yang lembut bisa selama 5 menit, lalu bagi yang suka bagian kuningnya itu bertekstur padat bisa dimasak selama 6 menit, dan waktu rebusan selama 7 sampai 12 menit untuk yang suka telur rebus matang solid seluruhnya.

BACA JUGA:

Teman Minum Kopi Enaknya Tahu Crispy atau Roti Gulung, Bikin Yuk

Tapi harus diingat adalah, bahwa walaupun telur sudah dikeluarkan dari air rebusan, nyatanya proses pematangang terus terjadi. Triknya ialah, ketika dirasa telur sudah matang lalu telur diangkat dari panci langsung masukkan telur ke dalam air dingin sesegera mungkin.

Setelah telur matang, masukkan ke dalam cawan telur yang ditempatkan dengan aman di atas piring. Untuk membuka “tutup” telur, ambil pisau tajam dan pukul telur dengan keras di bagian atasnya cukup sekali saja. Demikian seperti disitat Metro, Selasa (3/7/2018).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini