nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Takut Darah Tinggi, Sembuhkan dengan 5 Makanan Ini!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 18:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 03 298 1917356 jangan-takut-darah-tinggi-sembuhkan-dengan-5-makanan-ini-3CLNpPSFke.jpg Dark Choco (Nattionoline)

TEKANAN darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang kerap dialami sebagian besar masyarakat di dunia. Sebagai salah satu contohnya 75 juta orang Amerika memiliki tekanan darah tinggi. Angka tersebut tentunya sangat mengkhawatirkan.

Sekira 29 persen dari populasi orang di Amerika berada dalam bahaya kesehatan karena tingkat tekanan darah yang berlebihan. Mengonsumsi obat-obatan adalah cara utama bagi orang untuk menurunkan tekanan darah mereka, tetapi itu bukan satu-satunya cara.

Mengonsumsi makanan secara baik dan benar serta menghindari makanan tertentu yang Anda makan dapat mengurangi kadar darah Anda dan membuat Anda kembali ke jalan menjadi sehat. Meski demikian masih banyak orang yang tidak mengetahui makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi.

 Baca juga: 7 Tanda Perempuan Sudah Tidak Perawan, Apa Saja Ya?

Menyadur dari Medical Herald, Selasa (3/7/2018), Okezone akan membahas mengenai lima makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan menurunkan risiko Anda terserang penyakit jantung, stroke dan ginjal.

1. Pisang

Pisang

Potassium yang terkandung pada pisang adalah nutrisi yang membantu mengatur tekanan darah tinggi. Pisang bukanlah satu-satunya makanan dengan potasium yang bisa Anda makan, tetapi mereka dikemas dengan banyak vitamin. Kalium akan mengurangi kadar natrium di tubuh Anda, jadi pastikan untuk makan buah sebagai camilan atau untuk pencuci mulut.

2. Dark Cokelat

Dark Chocolate

Mengonsumsi dark cokelat adalah salah satu cara untuk memperlakukan tubuh Anda dengan baik tanpa meninggalkan rasa penyesalan. Dark cokelat diyakini dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Mengonsumsi satu ons dark cokelat sehari dapat membantu mengatur tekanan darah Anda.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Cegah Kanker dan Detoks Paru-Paru

3. Gandum

Oat Gandum (Authoritynutrition)

Percobaan menunjukkan bahwa gandum dapat mengurangi tekanan darah berkat serat yang dikenal sebagai beta-glucan. Makan oatmeal untuk sarapan dapat memulai hari Anda dengan sehat.

4. Yogurt alami

Yogurt (Shutterstock)

Wanita mungkin berhasil menurunkan tekanan darah berkat yogurt alami. Studi telah menemukan wanita paruh baya mendapatkan keuntungan dari produk susu. Selama tiga dekade, penelitian menemukan penurunan 20 persen orang mengalami hipertensi. Sayangnya, penelitian tidak dapat menemukan hasil yang sama pada pria.

Baca juga: Ekstrak Daun Mangga Bisa Jadi Obat Pasien Diabetes?

5. Kacang pistachio

Kacang pistachio (xinature)

Pistachio adalah kacang yang sangat terkenal. Kacang berbentuk kecil kehijauan ini dapat menurunkan hipertensi pada penderitanya. Pistachio diyakini mampu mengurangi tekanan darah selama momen-momen yang menegangkan, menurut sebuah penelitian. Kacang lain seperti almond juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini