nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kesalahan yang Dilakukan Pemula saat Memasak Steak

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 06:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 03 298 1917384 5-kesalahan-yang-dilakukan-pemula-saat-memasak-steak-dq1SNByEwd.jpg Ilustrasi steak (Foto: Japana)

OLAHAN daging yang satu ini merupakan salah satu makanan populer di dunia. Beef steak atau yang lazim disebut steak daging sapi bukan makanan sembarangan. Cara mengolahnya pun butuh keahlian dan keterampilan khusus agar tingkat kematangan serta rasa dagingnya berpadu sempurna.

Tidak jarang kita ingin memanggang atau membakar daging steak sendiri di rumah. Bagi Anda yang ingin mencoba, tidak perlu takut kalau hasilnya akan gagal. Berikut beberapa kesalahan umum yang dilakukan oleh pemula saat hendak memasak steak, dilansir dari Fox News, Rabu (4/7/2018).

1. Tidak memakai bumbu yang cukup

Anda mungkin takut memberi bumbu yang berlebih sehingga daging terasa asin karena terlalu banyak garam atau terlalu kuat. Apabila Anda tidak bisa membumbui bagian dalam daging, bermain aman justru hanya akan menghilangkan rasa yang kaya. Alternatifnya, Anda bisa membumbui daging di kedua sisi 35-40 menit sebelum dipanggang.

 

 (Baca Juga:Burger Rumahan Citarasa Restoran, Begini Tips Membuatnya)

2. Daging yang dimasak terlalu dingin

Menyimpan daging memang lebih baik dalam keadaan beku, tetapi tidak untuk memasaknya. Beri sedikit waktu agar daging, setelah dikeluarkan dari pendingin, menyerap suhu ruangan. Daging yang terlalu dingin justru akan membuatnya tidak matang di seluruh bagian. Akibatnya, bagian luar akan gosong sementara bagian dalam kurang matang. Tipsnya, biarkan daging selama 30 menit hingga 2 jam sebelum dipanggang.

 (Baca Juga:Telur Rebus Matang Sempurna, Berapa Sih Lama Masak yang Dibutuhkan?)

 

3. Memasak bagian yang salah

Memilih daging steak untuk dimasak tidak semudah mengambilnya dari rak penjual. Ada banyak variasi potongan daging dan tidak semuanya harus dimasak dengan cara yang sama. Misalnya, T-bones baik dimasak di panggangan, tetapi bagian ribeye tanpa tulang lebih baik dimasak dengan wajan penggorengan. Solusinya, Anda bisa memahami lebih banyak bagian daging sapi. Anda juga bisa bertanya kepada penjual daging mana yang tepat untuk kebutuhan Anda.

4. Memilih potongan daging yang salah

Butuh waktu dan tempat untuk memotong daging sapi. Namun, memilih irisan daging yang tipis akan membuatnya sangat kering dan keras saat dimasak. Sebab, lemak pada daging memberikan rasa paling banyak untuk steak. Pilih steak dengan jumlah marbling yang sehat (lemak yang muncul sebagai flek dan garis putih). Mungkin lebih mahal, tetapi kelembutan dan juiciness akan sangat berharga.

5. Hanya membalik daging satu sisi

Ada pemahaman yang salah bahwa untuk mendapatkan kelembutan dan rasa juicy terbaik dari daging steak adalah hanya membaliknya pada satu sisi saja. Mungkin akan terlihat bagus di foto, tetapi steak tidak akan terasa lezat. Malahan teknik memasak itu hanya akan membuat steak lebih kering.

 

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini