nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masak Mangut Lele Enak Tanpa Santan? Bisa Kok, Ini Resepnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 07:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 03 298 1917454 masak-mangut-lele-enak-tanpa-santan-bisa-kok-ini-resepnya-a6CTLdSCoM.jpg Mangut lele (Foto: Gulalives)

IKAN lele tidak disangkal biasanya memang jadi lauk andalan banyak orang untuk dimakan sehari-hari. Dibanderol dengan harga terjangkau dan mudah didapatkan, jadi salah satu alasan mengapa ikan lele bisa jadi primadona.

Biasanya jika mendengar kata ikan lele sebagai lauk untuk makan, yang terlintas di pikirana adalah ikan lele yang diolah jadi hidangan pecel lele, hidangan rumahan sederhana yakni ikan lele goreng yang disantap bersama lalapan yaitu sayuran berupa daun kemangi, kol, hingga irisan timun dan pastinya tak lupa sambal ulek, yang mana sajian pecel lele ini banyak dijajakan banyak pedagang di kaki lima di banyak tempat.

Padahal selain dihidangkan sebagai pecel lele, ikan lele ini bisa diolah sedemikian rupa loh. Jika merasa bosan dengan pecel lele yang cenderung kering, maka hidangan ikan lele berkuah bisa jadi alternatif pilihan yang tepat, yakni mangut lele. Well, sajian mangut lele yang mungkin biasanya ditemui dibuat memakai santan sebagai kuah ini bisa kok diolah tidak perlu memakai santan agar jadi lebih sehat, yakni dibuat dengan menggunakan bubuk multi purpose creamer yang mudah dibeli di pasaran.

Seperti apa resep mangut lele tanpa santan ini? Menyitat Cookpad, Rabu (4/8/2018) berikut uraian resep mangut lele tanpa santan yang dibagikan oleh Rindi Megasari B, salah satu pengguna Cookpad, beserta video tutorial memasak mangut lele tanpa santan ala dua chef ternama Tanah Air, William Wongso dan Yuda Bastara.

 

Bahan-bahan;

4 ekor lele ukuran sedang;

Bumbu untuk marinasi;

2 buah jeruk lemon;

1 sendok teh garam;

5 gram bubuk ketumbar;

Minyak goreng, secukupnya;

Bumbu pelengkap;

5 buah cabai merah cabe merah (2 diiris serong, 3 buah lagi blender untuk bumbu halus);

8 siung bawang merah;

3 siung bawang putih;

2 batang serai (geprek);

4 lembar daun salam;

5 lembar daun jeruk;

2 sentimeter jahe (geprek);

3 sentimeter lengkuas (geprek);

1/2 sendok teh kunyit bubuk;

1 sendok makan gula merah;

Garam secukupnya;

500 ml air

50 gram multi purpose creamer;

150 ml air hangat;

 Baca Juga: Cantik dan Seksinya Penampilan Kekasih Neymar, Bruna Markuezine yang Bikin Pria Susah Berkedip

Cara memasak;

1. Cuci ikan lele sampai benar-benar bersih, siapkan bumbu- bumbu. Marinasi lele menggunakan minyak+ jeruk lemon+ garam+ ketumbar bubuk selama kurang lebih selama satu jam;

2. Setelah dimarinasi, goreng ikan lele hingga matang. Goreng menggunakan minyak goreng secukupnya;

3. Blender bumbu halus (bawang merah, bawang putih, dan cabe merah). Geprek bahan bumbu yang lainnya;

4. Tumis semua bumbu hingga harum termasuk cabai yang diiris serong. Lalu tambahkan air dan bubuk multi purpose creamer, tambahkan Mgaram, gula merah, kunyit bubuk. Icipi rasanya hingga pas sesuai selera;

5. Setelah hampir mendidih, baru masukan ikan lele yang sudah digoreng tadi. Masak hingga air kuah mendidih;

6. Voila! Mangut lele tanpa santan pun siap disantap.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini