nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polusi Ternyata Mempercepat Penuaan, Yuk Cegah dengan 5 Langkah Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 09:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 03 481 1917045 polusi-ternyata-mempercepat-penuaan-yuk-cegah-dengan-5-langkah-ini-k17ApF2EJW.jpg Ilustrasi Penuaan Dini. (Foto: Women and Sport)

JIKA Anda mengira krim anti kerut dan sun screen sudah bisa mencegah penuaan, Anda salah besar! Sebab, penuaan dini pun bisa terjadi karena polusi udara yang Anda "konsumsi" setiap hari, khususnya mereka yang tinggal di daerah perkotaan.

Bahkan, penelitian lebih lanjut menjelaskan bahwa bukan sekadar polusi udara dari asap kendaraan yang menyebabkan dampak buruk bagi kecantikan kulit, tetapi juga polusi dari kompor gas dan produk pembersih juga memiliki efek yang sama ke kulit Anda.

Menanggapi hal ini, Ahli Perawatan Kulit Trilogy, Corrine Morley, mengungkapkan betapa polusi sangat merusak kulit dan dia juga memberikan beberapa tips untuk menekan dampak buruk tersebut. "Kulit kita memainkan peran penting sebagai penghalang terhadap pencemaran di lingkungan," katanya.

Baca Juga: Ingat Ya Moms, Hindari Menyimpan 5 Buah-Buahan Ini di dalam Kulkas

"Polutan udara merampok oksigen dari sel-sel kulit dan mendorong radikal bebas untuk terbentuk. Nitrogen dioksida, asap, jelaga, dan karbon dioksida sangat umum di kota-kota dan partikel kecil ini dapat dengan mudah menembus penghalang kulit, menembus ke lapisan yang lebih dalam dan menyebabkan kerusakan," jelas Morley.

Dia menambahkan, ada bukti baru yang menunjukkan bahwa paparan polusi menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak dan membuat kulit Anda lebih cepat tua. Hal ini sama berbahayanya dengan sinar UV dari matahari yang berbahaya.

"Polutan sering kali menjadi penyebab kulit kusam dan warna kulit tidak merata, polusi udara kadang-kadang ditemukan di tingkat yang lebih tinggi di dalam ruangan daripada di luar, jadi penting untuk melindungi kulit Anda bahkan jika Anda kebanyakan berada di dalam ruangan," sambung Morley.

Untuk lebih lengkapnya, Morley coba berbagi 5 kiat paling ampuh untuk menekan paparan polutan yang Anda hadapi setiap harinya.

Baca Juga: Resmi Dinikahi Rizky Alatas, Ini Foto-Foto Adzana Bing Slamet Tampil Cantik di Pernikahan

1. Gunakan produk antioksidan

Produk antioksidan merupakan komponen penting dalam perawatan kulit modern. Produk ini membantu melindungi kulit dari penuaan dan kerusakan jaringan yang disebabkan oleh polusi dan radikal bebas lingkungan.

Antioksidan melindungi kulit dengan mengikat radikal bebas, mencegah mereka menempel pada sel-sel kulit yang sehat dalam proses yang disebut quenching. "Produk ini membantu memastikan integritas sel-sel kulit, mempromosikan kulit yang sehat, dan tampak lebih bersinar," ungkap Morley.

Untuk melindungi kulit Anda, Corrine merekomendasikan minyak wajah yang mengandung antioksidan dan vitamin untuk membantu mengurangi glikasi dan mencegah kerusakan radikal bebas.


2. Pembersihan ganda

Oleh karena itu, pembersihan ganda diperlukan terutama jika Anda memakai make-up. Menurutnya, pembersihan make-up secara menyeluruh sangat penting untuk menjaga kulit tetap bersih, segar, dan sehat.

Ini juga mempersiapkan kulit untuk penyerapan maksimum produk perbaikan yang sangat dibutuhkan, seperti krim malam dan serum yang dipakai di malam hari.


3. Gunakan masker clay dalam rutinitas Anda

Perawatan eksfoliasi dan masker mingguan adalah tambahan yang baik untuk rutinitas Anda yang biasa. Gunakan masker yang mengandung tanah liat Kaolin, yang sangat bagus untuk kulit kusam dan lelah.

Kaolin pun dipercaya dalam membersihkan dan memurnikan, membuang jelaga dan partikel-partikel mikroskopis lain yang dapat menumpuk di pori-pori kulit.

4. Luangkan waktu untuk facial di rumah atau di salon

Tentu saja, Anda mungkin ingin mempercayakan pekerjaan memperbaiki kulit Anda kepada seorang profesional dengan perjalanan ke salon.

"Ada beberapa perawatan wajah yang benar-benar efektif untuk membersihkan secara mendalam dan membantu menghilangkan kotoran dari kulit. Wajah yang bagus benar-benar dapat meningkatkan pancaran kulit," sambung Morley.

Artinya, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang di salon kelas atas, tetapi dapat melakukan aktivitas ini di rumah. Jika Anda memiliki beberapa produk berkualitas dan mengambil satu jam atau lebih untuk beberapa waktu memanjakan pribadi, ini dianggap sudah cukup untuk kelengkapan perawatan kulit tambahan.

 

5. Tukar minyak pembersih

Morley menyarankan Anda mesti mengganti pembersih krim yang kental dengan minyak penyegar ringan yang menyegarkan selama musim panas. Ini berkaitan langsung dengan hasil akhir dari kulit Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini