Jangan Malas Jalan Kaki! Aktivitas Ini Bikin Panjang Umur

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 03 481 1917059 jangan-malas-jalan-kaki-aktivitas-ini-bikin-panjang-umur-qSNMD8otn2.jpg Berjalan kaki bikin panjang umur (Foto:Huffpost)

BEROLAHRAGA merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Olahraga akan meningkatkan kesehatan dan memperpanjang hidup manusia. Selain itu, masih banyak lagi hal positif yang bisa diperoleh dengan rutin melakukan olahraga setiap hari.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan saat usia sudah menua dan memutuskan untuk pensiun dari pusat kebugaran, maka berolahraga adalah salah satu cara yang bisa ditempuh. Studi menunjukkan bahwa berolahraga adalah cara yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Olahraga bukan hanya menjaga berat badan, tetapi olahraga diklaim akan membuat Anda lebih aktif saat usia sudah menua. Tetap aktif dalam berolahraga akan membantu menjaga kesehatan mental dan fisik Anda supaya tetap terjaga serta memberkan kesempatan untuk menjadi lebih mandiri saat usia bertambah.

BACA JUGA:

7 Tanda Perempuan Sudah Tidak Perawan, Apa Saja Ya?

Melansir dari Medical Herald, Selasa (3/7/2018), sebuah studi yang dilakukan oleh University College of London selama periode 20 tahun terakhir telah berhasil mengumpulkan data dari 3.500 pria. Studi ini menemukan bahwa pria yang aktif secara fisik berusia 40 dan 50-an berpotensi tiga kali lebih baik untuk tetap aktif di tahun-tahun berikutnya dibandingkan dengan pria yang tidak aktif di usia paruh baya.

 

Para peneliti berteori mengapa orang terus menerus berolahraga di tahun-tahun terakhir usia mereka. Alasan terbesar adalah bahwa pria menikmati berolahraga dan ingin terus mendapatkan tubuh yang sehat saat mereka bertambah tua.

Selain itu, kebiasaan tersebut terbentuk ketika pria mulai bermain olahraga sejak usia muda. Ini menjadi faktor utama yang membentuk kebiasaan seseorang untuk berolahraga. Di sisi lain seorang pria terus berolahraga karena pengulangan yang selalu dilakukan sepanjang hidup mereka.

BACA JUGA:

5 Buah Penambah Stamina Tempur di Ranjang, Buktikan Sendiri kalau Gak Percaya

Mahasiswa doktoral Universitas College of London Daniel Aggio, yang bekerja dalam penelitian, percaya bahwa orang dapat tetap sehat di usia yang lebih tua jika mereka menemukan hobinya di dunia atletik. Dia juga percaya hasil dari penelitian, yang hanya dilakukan pada pria, mirip dengan apa yang peneliti temukan pada wanita.

Studi ini menemukan bahwa satu kegiatan akan dilakukan pria saat usia mereka semakin tua adalah berjalan. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang melakukan olahraga dengan rutin berjalan kaki akan menambah umur mereka. Aggio percaya rutin berolahraga terlepas dari berapa usia Anda akan membantu menjaga kebugaran mental dan fisik.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini