nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Manfaat Tidak Terduga Ikan Teri, Salah Satunya Melangsingkan Badan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 11:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 03 481 1917072 6-manfaat-tidak-terduga-ikan-teri-salah-satunya-melangsingkan-badan-VcqxkAwzmr.jpg Manfaat ikan teri untuk kesehatan (Foto:Ist)

IKAN teri biasa dimasak sebagai lauk, yang diolah dengan cara digoreng garing, dibuat sambal, hingga dijadikan botok teri alias pepes. Sesuai dengan selera, olahan teri pun banyak peminatnya, karena rasa gurih yang khas membuat rindu bahkan candu.

Kenikmatan yang dimiliki teri tanpa sadar membuat penikmatnya tidak memperhatikan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Mungkin jika mengetahui betapa bermanfaatnya teri bagi kesehatan tubuh manusia, para penikmat teri akan berbondong-bondong mengonsumsinya secara rutin.

Memiliki ukuran yang tidak sebesar ikan-ikan lainnya, yang biasa dikonsumsi, khasiat teri tidak boleh disepelekan, sebab teri mampu menjaga jantung tetap sehat, bermanfaat bagi kulit, membuat tulang dan gigi sehat, hingga menurunkan berat badan. Terkejut? Tahan dulu, karena masih ada manfaat teri lainnya, seperti yang dilansir dari laman Organic Facts, Selasa (3/7/2018).

BACA JUGA:

5 Buah Penambah Stamina Tempur di Ranjang, Buktikan Sendiri kalau Gak Percaya

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan lemak tak jenuh gandanya yang tinggi membuat teri mampu mengurangi LDL atau kolesterol jahat. Teri pun bisa membantu mengurangi risiko atherosclerosis, serangan jantung, dan stroke.

 

2. Meningkatkan perkembangan janin

Asam lemak omega 3 yang ada dalam teri cukup banyak, sehingga mampu menghilangkan kolesterol yang tidak sehat, meningkatkan kecerdasan, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan mata, dan meningkatkan perkembangan janin.

3. Perawatan kulit

Menambah menu ikan teri dengan rutin dalam makanan Anda dapat membuat kulit halus, cegah jerawat, dan keriput atau tanda penuaan dini. Khasiat teri juga bisa membantu melindungi kulit dari sengatan matahari, sehingga menurunkan risiko kanker kulit.

4. Menurunkan berat badan

Jumlah protein dan kalori yang rendah, membuat teri bisa bantu menurunkan berat badan. Kadar proteinnya membantu Anda merasa kenyang dan cegah makan berlebih. Teri pun mampu menekan produksi ghrelin atau hormon lapar.

 

 BACA JUGA:

7 Tanda Perempuan Sudah Tidak Perawan, Apa Saja Ya?

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Vitamin dan mineral yang terdapat di dalam teri, membuat tulang kuat dan mencegah osteoporosis. Kalsium dan vitamin A mampu mempengaruhi pertumbuhan tulang dan mengurangi degradasi tulang. Kalsium yang terkandung di dalam teri juga bisa melindungi gigi dari kerusakan dan menguatkannya.

6. Jaga fungsi sitem saraf

Tinggi kandungan vitamin B12 dan niacin membuat teri bisa menjaga fungsi sistem saraf yang sehat. Vitamin ini juga membantu cegah depresi, kelelahan, kebingungan, kerusakan saraf, dan lemah rangsangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini