nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Rutin Program Lari 5K? Kalian Harus Lakukan Ini Biar Sukses!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 11:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 03 481 1917096 ingin-rutin-program-lari-5k-kalian-harus-lakukan-ini-biar-sukses-U06oyTbxbH.jpg Lari (Runnersworld)

CUACA panas yang melanda Jakarta dan sekitarnya membuat orang-orang malas untuk keluar rumah. Meski demikian sebagian besar dari mereka justru ada yang memanfaatkan momen ini untuk mengeluarkan keringat dengan berolahraga.

Salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berolahraga dengan berjalan/berlari sebanyak lima ribu (5K) langkah sehari. Ini adalah upaya sederhana untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

 Baca juga: Gunakan Highlighter Seharga Rp550.000, Meghan Markle Tampil Glowing!

Meski program 5K tidak berisi elemen kekuatan dalam mobilitas, namun program ini setidaknya akan membuat Anda banyak bergerak. Berlatih jalan hingga 5K dapat membantu Anda memulai untuk melakukan olahraga dan memungkinkan untuk mengambil elemen lain di kemudian hari.

 berlari (Netdoctor)

Meski demikian banyak usaha yang diperlukan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan benar. Butuh semangat dan kerja keras pantang menyerah agar tekad Anda tidak kendur.

Melansir dari Medical Herald, Selasa (3/7/2018), Okezone akan membahas mengenai beberapa hal yang wajib Anda ingat sebelum melakukan olahraga 5K.

 Baca juga: Waduh! Pangeran Harry Tolak Gandeng Tangan Meghan Markle, Ada Apa Ya?

1.Berjalan untuk berlari

 

Program 5K mengasumsikan Anda bisa berjalan selama 30 menit tanpa masalah. Program ini memperkenalkan jogging, dan Anda akan menyelesaikan rutinitas berjalan / berlari. Ketika Anda memulai program, Anda akan berubah antara berjalan dan berlari saat Anda membangun stamina. Pada akhir program, Anda harus menjalankan lima kilometer penuh.

2.Jadilah realistik

Memiliki tujuan yang realistis sangat penting dalam hal kebugaran. Jika Anda tidak berlari bertahun-tahun, Anda tidak boleh berharap untuk menyelesaikan program 5K secara penuh pada minggu pertama latihan Anda. Anda harus memiliki tujuan, Anda dapat secara bertahap membuat langkah menuju penyelesaian.

 Baca juga: Ingat Ya Moms, Hindari Menyimpan 5 Buah-Buahan Ini di dalam Kulkas

Berlari (Shutterstock)

3.Dapatkan motivasi dan tetap di sana

Berkat teknologi modern, ada aplikasi untuk semuanya. Jadi, unduh aplikasi ke ponsel untuk melacak aktivitas Anda dalam kemajuan 5K. Jika sudah bertahun-tahun sejak Anda terakhir berlari, memiliki motivasi untuk melanjutkan itu penting.

4.Tetap konsisten

Melewatkan latihan tidak akan membawa Anda menuju keberhasilan. Anda harus tetap konsisten dan terus membuat keuntungan untuk mencapai tujuan Anda. Satu-satunya cara untuk mencapai tujuan Anda adalah melanjutkan pembangunan secara bertahap ke 5K. Dengan tetap konsisten, Anda seharusnya tidak memiliki masalah dalam mencapai tujuan akhir Anda.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini