nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Langkah Mudah Mengobati Kulit yang Terkena Racun Jelatang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 13:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 03 481 1917132 4-langkah-mudah-mengobati-kulit-yang-terkena-racun-jelatang-RHS4o2QPrZ.jpg Racun jelantang (Foto:Ist)

INDONESIA memiliki berbagai jenis tanaman. Setiap tanaman juga memiliki ciri khasnya masing-masing, dari yang berbahaya hingga dapat dikonsumsi manusia. Salah satu tanaman yang paling sering kita jumpai adalah jelatang atau yang biasa disebut poison ivy.

Jika Anda kerap berjalan di daerah rerumputan, pasti akan ada banyak tanaman jelatang yang bertebaran. Anda wajib berhati- hati terhadap tanaman yang satu ini, salah-salah jelatang akan membawa petaka besar yang akan sangat mengganggu aktivitas.

Beberapa orang yang memiliki tingkat kepekaan yang tinggi akan dengan mudah mengalami alergi. Meski demikian, tidak semua orang memiliki reaksi yang sama terhadap tumbuhan yang satu ini.

(Baca Juga: 7 Tanda Perempuan Sudah Tidak Perawan, Apa Saja Ya?)

Sebagaimana diketahui, jelatang dapat menyebabkan ruam. 85 persen orang yang menyentuh tanaman ini dipastikan akan mengalami gejala yang sama. Tentunya ruam ini sangat tidak sedap dipandang mata dan memberikan efek gatak yang menyakitkan bagi Anda.

Meski demikian, bagi Anda yang sudah terlanjur terinfeksi tanaman ini, masih ada beberapa cara yang ditempuh untuk mengobatinya. Menyadur dari Medical Herald, Selasa (3/7/2018), Okezone akan membahas tentang cara menangani kulit yang terkena racun tanaman jelatang.

1.Mandi

Jika Anda merasa telah bersentuhan dengan jelatang, pastikan Anda segera mandi setelahnya. Mencuci kulit secara menyeluruh dengan sabun dan air dapat menghentikan penyebaran jelatang. Mandi kurang dari 60 menit setelah kontak fisik akan membatasi efek jelatang pada kulit Anda.

2.Alkohol

Selain mandi Anda juga bisa menggosok kulit yang terinfeksi menggunakan alkohol.

Alkohol membatasi ketidaknyamanan yang diciptakan oleh jelatang karena mampu menghilangkan minyak urushiol dari kulit. Anda harus mendapatkan alkohol dan menggosoknya dengan segera setelah bersentuhan dengan tanaman.

(Baca Juga: Cantik dan Seksinya Penampilan Kekasih Neymar, Bruna Markuezine yang Bikin Pria Susah Berkedip)

3.Kompres dengan es atau air dingin

Jelatang dapat menyebabkan peradangan kulit, seperti kemerahan dan gatal. Mengompres dengan es atau air dingin dapat menghilangkan pembengkakan dan mengurangi rasa gatal. Anda dapat menerapkan kompres dingin selama sekitar 30 menit untuk membantu membatasi ketidaknyamanan.

 

4.Hidrokortison

Jika Anda rentan terhadap jelatang, ada baiknya untuk memberikan beberapa hidrokortison counter di bagian tangan. Krim akan mengurangi pembengkakan dan gatal ketika diterapkan pada area yang terinfeksi. Hidrokortison bukanlah satu-satunya krim topikal yang dapat Anda gunakan pada alergi jelatang. Aloe Vera dan lotion calamine juga akan membantu mengobati efek alergi tanaman yang satu ini.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini