nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebiasaan Tak Terduga Ini Bisa Bikin Perut Kembung, Coba Cara Ini untuk Mengatasinya

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 13:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 03 481 1917167 kebiasaan-tak-terduga-ini-bisa-bikin-perut-kembung-coba-cara-ini-untuk-mengatasinya-QYqH63v8nL.jpg Ilustrasi (Foto: Thedoctorweighsin)

BEBERAPA di antara Anda tentu ada yang pernah mengalami perut kembung. Masalah pencernaan yang satu ini memang paling sering terjadi dan menimbulkan ketidaknymanan. Perut kembung terjadi karena adanya jumlah gas berlebih di dalam perut yang belum berhasil dikeluarkan.

Setelah makan, tubuh melalui sistem pencernaan akan menghasilkan beberapa gas. Gas tersebut kemudian dilepaskan dalam dua cara yaitu bersendawa atau kentut. Ketika kedua cara tersebut tidak berfungsi, maka udara ekstra akan terakumulasi di perut atau usus dan menyebabkan kembung. Beruntung kondisi ini dapat diatasi dengan mudah.

Melansir Today, Selasa (3/7/2018), inilah cara mudah mengatasi perut kembung:

 Baca Juga: Cantik dan Seksinya Penampilan Kekasih Neymar, Bruna Markuezine yang Bikin Pria Susah Berkedip

Tetap terhidrasi

Salah satu penyebab utama perut menjadi kembung adalah kurangnya minum air putih. Hal itu dapat memengaruhi keseimbangan garam dan air di tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu, tetaplah minum entah itu air dingin, panas, suhu ruangan, atau dicampur dengan lemon. Tapi hindari air bersoda atau minuman berkarbonasi lainnya karena dapat menambah jumlah gas.

Hindari makanan penyebab perut kembung

Makanan tinggi garam berdampak pada keseimbangan garam dan air dalam tubuh dan dapat menyebabkan kembung. Bahkan beberapa makanan yang mengandung nutrisi seperti sayuran mentah dan beberapa buah bisa sulit dicerna sehingga perut menjadi kembung. Oleh karena itu, hindarilah makanan yang bisa membuat perut bertambah kembung seperti brokoli, kembang kol, kubis, dan bayam mentah. Hindari pula jagung, daging yang diolah, sup kalengan, kecap, apel, pir, dan buah yang dikeringkan.

Konsumsi makanan kaya probiotik

 

Probiotik adalah bakteri sehat yang mendukung saluran pencernaan untuk tetap sehat. Makanan yang kaya akan probiotik seperti yoghurt, kefir, sup Miso, kimchi, dan kol parut bisa membantu mengatasi perut kembung. Selain itu, makanan seperti mentimun dan jahe juga bisa menjadi pilihan.

Tambahkan makanan prebiotik

Tak hanya makanan probiotik, makanan prebiotik juga bisa membantu mengatasi perut kembung. Prebiotik adalah sumber makanan yang mendukung upaya pencernaan probiotik. Makanan prebiotik meliputi asparagus, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan buncis.

Baca Juga: 7 Tanda Perempuan Sudah Tidak Perawan, Apa Saja Ya?

Hindari kebiasaan tertentu

Tindakan sehari-hari dapat menambahkan banyak udara ekstra ke perut dan berkontribusi pada kembung. Cobalah untuk tidak terlalu sering mengunyah permen karet, minum melalui sedotan, dan makan terlalu cepat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini