nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rutin Konsumsi 5 Makanan Enak Ini Bisa Mencegah Kanker Payudara

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 15:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 03 481 1917178 rutin-konsumsi-5-makanan-enak-ini-bisa-mencegah-kanker-payudara-58kDxuD82D.jpg Ilustrasi kanker payudara (Foto: Shetepeopletv)

JUMLAH penderita kanker payudara kini kian meningkat, khususnya pada wanita. Karena itu, supaya tidak berdampak buruk lebih baik Anda mencegahnya. Salah satu caranya yakni dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Apalagi kanker payudara menjadi penyakit terganas yang bisa mengancam nyawanya. Namun, masih banyak wanita yang tidak peduli dengan dampaknya buruknya dalam jangka panjang.

Mungkin Anda masih sering konsumsi junk food, makanan berpengawet, jarang makan sayur dan buah, serta jenis makanan lain yang berpengaruh terhadap kesehatan. Padahal kebiasaan buruk tersebut harus Anda kurangi demi hidup sehat.

Nah, untuk menjaga diri agar tidak terancam dengan pertumbuhan sel kanker payudara, berikut adalah lima makanan yang paling sering untuk mencegah penyakit mematikan itu, dilansir Besthealthmag, Selasa (3/7/2018).

Baca Juga: 7 Tanda Perempuan Sudah Tidak Perawan, Apa Saja Ya?

Jamur

 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer pada tahun 2010 menyebutkan bahwa konsumsi jamur dapat menurunkan risiko kanker payudara pada kalangan wanita premenopause. Anda dianjurkan untuk makan jamur tiram dan shitake, karena mengandung antioksidan seperti L-ergothioneine yang dapat memberi perlindungan dari penyakit kanker.

Delima

 

Buah delima mengandung zat asam ellagic, antioksidan kuat yang dapat menghambat enzim untuk melawan kanker payudara. Menurut para ilmuwan AS dari Beckman Research Institute, Kota Hope, makan buah delima juga dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung. Anda bisa mendapatkan antioksidan yang sama dari jus delima murni jika dikonsumsi setiap hari.

Kacang walnut

 

Para peneliti dari Marshall University School of Medicine West Virginia menduga bahwa kacang walnut juga dapat melawan pertumbuhan sel kanker. Itu berkat kandungan antioksidan dan fitosterol walnut dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Tambahkan potongan kacang walnut ke dalam brownies atau muffin, begitu juga dengan pizza yang menggoda.

Bayam

 

Wanita premenopause harus mendapat asupan rata-rata diet folat tertinggi. Caranya dengan konsumsi bayam mentah, yang mengandung sekira 40% kandungan nutrisi tersebut. Bahkan, menurut sebuah penelitian di American Journal of Epidemiology pada 2011 menyebutkan bahwa bayam mengandung vitamin B yang diperlukan untuk menghalangi perubahan pada DNA, yang memicu kanker payudara.

 Baca Juga: Cantik dan Seksinya Penampilan Kekasih Neymar, Bruna Markuezine yang Bikin Pria Susah Berkedip

Ikan salmon

 

Salmon adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Para peneliti di Rumah Sakit Mount Sinai Toronto menetapkan bahwa wanita yang mendapat asupan vitamin D juga omega 3 cukup bisa menghambat penyakit kanker payudara. Hal ini tentu sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini