nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gak Mau Nyeri Sendi? Jangan Sering Makan Gorengan hingga Tomat

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 17:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 03 481 1917275 gak-mau-nyeri-sendi-jangan-sering-makan-gorengan-hingga-tomat-6FdFSfa7JT.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT Nyeri sendi bisa dialami oleh siapa saja, namun yang perlu diketahui nyeri sendi bukan hanya terjadi karena terlalu lelah beraktivitas, tetapi jenis makanan tertentu juga bisa menyebabkan gangguan tersebut.

Belakangan, seseorang mengalami nyeri sendi dipicu karena makanan. Para peneliti yang menyebutkan bahwa makanan tertentu bisa mengganggu persendian Anda.

Supaya tidak mengalami nyeri sendi berikut adalah lima jenis makanan yang wajib dihindari. Apalagi kalau Anda punya riwayat penyakit inflamasi yang tidak membuat Anda nyaman. Dilansir Timesofindia, berikut ulasannya yang wajib Anda simak.

Baca Juga: 7 Tanda Perempuan Sudah Tidak Perawan, Apa Saja Ya?


1. Tomat

Meskipun tomat diyakini mengandung anti-inflamasi, penelitian baru telah membuktikan bahwa seseorang yang makan tomat dapat memicu nyeri sendi. Sebuah penelitian dilakukan pada orang-orang yang menderita asam urat. 20 persen orang melaporkan tomat sering sekali memicu nyeri sendi.

Di samping itu, peneliti juga menganalisis orang yang tidak memiliki asam urat. Temuannya tetap sama, makan tomat meningkatkan kadar asam urat yang ditemukan dalam darah yang ujung-ujungnya menyebabkan nyeri sendi.

2. Makanan manis

Makanan manis yang mengandung sumber karbohidrat seperti roti, kue, biskuit, wafer, jajanan pasar dan berbagai jenis makanan lainnya berbahaya dikonsumsi terlalu sering. Di samping memicu kegemukan, dampaknya juga bisa menyebabkan nyeri sendi.

Tidak hanya itu, makanan ini meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Karena itu, sebaiknya batasi konsumsi makanan manis demi menjaga kesehatan tubuh supaya terhindari dari gangguan nyeri sendi.

Baca Juga: 6 Zodiak Paling Mandiri dan Sulit Dipengaruhi, Kamu Masuk Daftar Gak?

3. Produk susu

Karena jenis produk susu mengandung protein, kemungkinan dapat meningkatkan peradangan dan nyeri sendi. Sebab protein dalam produk susu tersebut rupanya dapat mengiritasi jaringan di sekitar sendi.

Karenanya nyeri sendi tak terhindarkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi ketika minum susu, makan yoghurt, produk keju kemasan dan sebagainya.

4. Alkohol dan tembakau

Alkohol dan tembakau dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk nyeri sendi. Pakar kesehatan mengatakan bahwa perokok berisiko lebih besar mengalami rheumatoid arthritis.

Ditambah lagi kalau Anda mengonsumsi alkohol lebih rentan menderita nyeri sendi. Sayangnya, masih banyak pria yang mengabaikan dampaknya ketika sudah kecanduan dua benda ini.

5. Gorengan

Siapa sih yang tidak suka gorengan? Hampir semua orang menyukainya, apalagi kalau dimakan dalam keadaan lapar. Padahal terlalu sering makan gorengan bisa menyebabkan peradangan sendi yang ujung-ujungnya Anda mengalami nyeri sendi. Sayangnya, makanan ini sulit dihindari, terutama bagi kalangan anak muda yang suka jajan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini