nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Cara Mengatasi Serangan Asma Tanpa Bantuan Inhaler

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 21:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 03 481 1917388 6-cara-mengatasi-serangan-asma-tanpa-bantuan-inhaler-W8K0vr5e4R.jpg Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

SERANGAN asma adalah situasi yang sangat menakutkan. Setiap orang tua yang melihat anak mereka menderita asma akan langsung bertindak panik.

Justru dengan bersikap panik, bukannya dapat menyembuhkan penyakit yang di derita anak Anda. Sikap Anda yang tidak dapat mengontrol emosi malah akan menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri.

Beberapa orang tua biasanya kerap mencari inhaler untuk mengurangi rasa sesak pada anaknya. Namun, apa jadinya jika Anda tidak menemukan inhaler sebagai alat penolong utamanya

Menyadur dari Medical Herald, Selasa (3/7/2018), Berikut 6 cara efektif mengatasi serangan asma tanpa bantuan inhaler.

Baca Juga: Cantik dan Seksinya Penampilan Kekasih Neymar, Bruna Markuezine yang Bikin Pria Susah Berkedip

Dudukan mereka dengan tegak

Reaksi bagi seseorang yang menderita serangan asma adalah membungkuk ke depan atau membungkuk ketika mereka batuk. Hal pertama yang harus dilakukan ketika seorang anak menderita serangan asma adalah membuat mereka duduk tegak. Ini akan mencegah saluran udara menjadi terbatas.

Ambil nafas dalam-dalam

Begitu mereka duduk tegak, bawa anak Anda untuk mengambil nafas panjang dan dalam. Ini akan membantu menenangkan mereka. Bantulah mereka untuk bernapas melalui hidung dan keluar melalui mulut.

Tetap tenang

Bersikap tenang sangat penting ketika serangan asma terjadi. Frekuensi berlebihan dari orang tua dapat memperburuk masalah bagi seorang anak. Jika Anda bereaksi berlebihan, itu bisa membuat serangan asma bertambah parah.

Pindah dari daerah itu

Serangan asma mungkin disebabkan oleh sesuatu yang ada di sekitar anak Anda. Debu bisa menjadi pelakunya, tapi begitu juga asap rokok. Bawa anak Anda keluar dari daerah itu secepat mungkin dan pindahkan ke tempat di mana terdapa udara lebih bersih. Area ber-AC adalah tempat yang baik untuk dikunjungi.

Mengonsumsi minuman panas

Para ahli mengatakan minuman panas dapat membuka saluran udara bagi sebagian orang. Anak Anda dapat memperoleh manfaat dari minuman panas selama satu atau dua jam. Teh panas atau cokelat panas dapat menjadi trik jitu untuk mencegah serangan asma.

Baca Juga: 7 Tanda Perempuan Sudah Tidak Perawan, Apa Saja Ya?

Dapatkan bantuan medis

Serangan asma dapat berhenti dan memungkinkan anak Anda untuk menggunakan inhaler mereka. Jika tidak, penting untuk mendapatkan bantuan medis secepat mungkin.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini