nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Membawa Suasana Liburan ke Dalam Rumah

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 13:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 04 196 1917713 membawa-suasana-liburan-ke-dalam-rumah-qEaiZGw8kz.jpg Foto: Fabelio

JIKA Anda melihat interior sebuah hotel dan berangan-angan bisa memiliki rumah senyaman hotel, ternyata mudah saja.

Akan tetapi, sebelum mengubah seluruh interior rumah, sebaiknya pertimbangkan dulu beragam barang yang ingin Anda masukkan ke dalamnya. Tatanan interior hotel biasanya dirancang khusus untuk bisa memenuhi selera publik orang banyak.

Umumnya ada dua jenis hotel, yakni hotel resor dan hotel yang berlokasi di tengah pusat kota. Hotel resor merupakan tempat menginap bagi mereka yang ingin berlibur, biasanya terletak di daerah pariwisata. Adapun city hotel yang berlokasi di pusat kota sering digunakan sebagai tempat mereka yang berurusan bisnis.

“Ketika kita bicara tentang tatanan interior hotel, maka ini amat berkaitan dengan konsep yang ingin ditampilkan. Ada yang memilih konsep interior berdasarkan suatu masa, yaitu konsep yang menyesuaikan diri dengan gaya interior lingkungan lokasi hotel,” sebut desainer interior Farissa Achmadi.

Dekorasi rumah ungu (Decoist)

[Baca Juga: Kurangi Racun hingga Memperbaiki Suasana Hati, Ini Manfaat Meletakkan Tanaman di Rumah]

Apa pun pilihan konsep hotel yang Anda ingin terapkan dalam tatanan interior rumah, sebaiknya mengingat beberapa pakem yang mesti diperhatikan. “Hotel bisa dikatakan sebagai ruang publik karena keberadaan benda yang ada di dalamnya relatif umum dan menghindari unsur pribadi,” lanjut Farissa.

Keharmonisan interior menjadi sangat penting untuk tatanan ala hotel mulai dari warna furnitur yang senada di seluruh ruangan sampai pilihan mebel yang relatif multifungsi.

“Untuk tatanan interior ala hotel, pernak-pernik interior yang biasanya menunjukkan selera pribadi pemilik rumah atau koleksi pribadi justru digunakan seminim mungkin agar tidak terkesan ramai,” sebut Farissa.

Oleh karena hal ini, orang sering menyebut tatanan interior hotel sebagai impersonal atau tidak memiliki kepribadian. Di sini selera pribadi lebih dihilangkan karena lebih mementingkan selera publik. Hal ini sering kali menimbulkan kesan kurang ramah karena penataan interior hotel minim pernakpernik pribadi seperti foto keluarga atau cenderamata. Akan tetapi, bila Anda salah seorang penyuka tatanan interior yang minimalis dan sederhana serta tidak rumit, mungkin interior ala hotel bisa diterapkan di rumah.

Dekorasi rumah. Foto Popsugar

[Baca Juga: Kesalahan Dekorasi Seperti Ini Bisa Bikin Harga Rumah Anjlok]

Satu lagi yang identik dengan tatanan interior hotel adalah desain mebel yang tidak terlalu rumit. Mebel dengan desain yang cenderung luruslurus saja (clean line ). Warnanya pun dipilih yang natural, seperti warna kayu atau yang cenderung kecokelatan.

“Untuk warna tidak harus menggunakan warna alami. Pilihan warna terang seperti biru juga bisa diterapkan untuk mendapatkan kesan di pantai atau warna hijau yang mengesankan suasana pegunungan. Untuk ruangan, biasanya dipilih pernak-pernik yang bentuk garisnya pun cenderung tidak rumit,” tegas Farissa. Tanaman berdaun hijau juga bisa dipilih sebagai aksen untuk ruang makan dan ruang keluarga.

Pencahayaan juga penting agar kesan hotel makin terasa. Hotel biasanya menggunakan lampu halogen yang memberi kesan mewah berbeda dengan rumah yang umumnya memakai lampu neon agar benderang sekaligus irit. Interior ala hotel juga mensyaratkan penggunaan karpet untuk setiap interiornya.

“Penggunaan karet tidak harus penuh, tetapi bisa dipilih di tempat-tempat tertentu. misalnya, dekat tempat tidur karena orang bangun tidur biasanya membutuhkan karpet sebelum kaki menyentuh dinginnya lantai. Karpet juga bisa digunakan di ruang lain untuk memberi aksen pada pilihan mebel yang relatif senada dan bergaris sama,” tutur Farissa.

(abp)

Berita Terkait

Tips Dekorasi Rumah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini