nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Doyan Ngemil Sukro Tahu Tidak Apa Kepanjangannya? Juga 10 Nama Kuliner Lainnya

Agregasi Grivy.com, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 11:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 04 298 1917659 doyan-ngemil-sukro-tahu-tidak-apa-kepanjangannya-juga-10-nama-kuliner-lainnya-KmGy2FJ3VX.jpg Kepanjangan nama sukro (Foto:Pinterest)

SAAT menyatap seporsi makanan, pernahkan Anda penasaran dengan nama dari makanan-makanan tersebut. Apalagi jika nama makanan yang Anda santap kebetulan unik.

Nama-nama makanan ini pasti tidak asing di telinga Anda. Namun, sudahkah Anda mengetahui artinya?

Benar adanya kalau Indonesia adalah bangsa yang kreatif. Buktinya, selain meme lucu terkait fenomena yang cepat tersebar di dunia nyata, dari segi kuliner--kita pun pintar menciptakan nama yang menarik. Adapun salah satu tekniknya, adalah dengan menyingkat nama makanan menjadi akronim yang lucu dan mudah diingat.

BACA JUGA:

Telur Rebus Matang Sempurna, Berapa Sih Lama Masak yang Dibutuhkan?

Dari segi nama hingga rasa, sepuluh makanan ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Namun, sudahkah Anda mengetahui muasal dan artinya? Seperti dilansir dari Grivy, yuk ungkap apa kepanjangan dari nama-nama makanan yang pernah atau saat ini mungkin sedang Anda santap.

 

1. Es Doger

Panas-panas, paling enak minum es doger. Jajanan segar berbahan dasar susu, parutan kelapa, plus aneka isian seperti tape, ketan hitam, alpukat, biji mutiara, hingga potongan roti ini biasa dijajakan oleh pedagang keliling dengan menggunakan gerobak. Itu sebabnya, banyak orang beranggapan kalau doger sebetulnya merupakan akronim dari dorong gerobak. Jadi, es doger adalah “es dorong gerobak”.

 

 

2. Ketoprak

Di Jakarta, Anda bisa menemukan banyak penjual ketoprak di sisi jalan. Jam bukanya, mulai dari pagi hingga malam. Nah, berbahan dasar ketupat, tahu, dan taoge--kabarnya ketoprak memiliki nama panjang ketupat toge digeprak. Bagaimana menurut Anda?

 

3. Comro

 

Memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas, camilan tradisional khas Bandung ini berbahan dasar singkong dan oncom. Nah, singkong tadi lantas akan dihancurkan, dibentuk bulat, lalu diisi dengan oncom pedas. Ini sebabnya, makanan tadi disebut comro (atau combro) yang artinya oncom di jero (oncom di dalam).

4. Colenak

Masih datang dari Jawa Barat, camilan berbahan dasar tape singkong yang dibakar ini biasa disebut dengan colenak, yang artinya dicocol enak. Adapun camilan ini biasa disantap dengan gula Jawa dan parutan kelapa.

5. Batagor

 

Sesuai bahan dasarnya, batagor merupakan akronim dari bakso tahu goreng. Seporsi batagor paling enak dimakan dengan sambal kacang, potongan timun, mi kuning, perasan jeruk nipis, saus sambal, dan kecap.

6. Sukro

Nonton televisi atau nongkrong bareng teman, paling enak ditemani camilan. Biasanya, selain keripik, banyak orang menyediakan sukro. Rasanya gurih, sebab ada isian kacang di dalamnya. Nah, tahukah Anda bahwa sukro sebetulnya merupakan akronim dari suuk di jero. Dalam bahasa Indonesia, ini artinya kacang di dalam (adonan terigu).

7. Cuangki

Di sejumlah kedai atau jalanan Bandung, cuangki atau bakso cuangki menjadi hidangan populer malam hari. Biasanya, kerap disantap sebagai pengganjal lapar atau justru penghangat suasana dingin. Nah, lantaran kerap dijajakan dengan cara dipikul dan berjalan kaki, banyak orang menganggap cuangki merupakan singkatan dari cari uang jalan kaki. Unik, ya!

 

8. Cimol, Cilok, dan Cireng

Jajanan berbahan dasar aci ini jadi favorit anak-anak. Enggak heran kalau penjualnya sering mangkal di depan sekolah. Nah, tahukah Anda, nama ketiganya--diambil dari cara mengolah atau memasaknya. Cimol memiliki kepanjangan aci digemol, cilok dari aci dicolok, dan cireng--aci digoreng.

 

BACA JUGA:

Kemenkes Instruksikan BPOM Cabut Izin Edar Susu Kental Manis, Ini Alasannya!

9. Batako

Kalau berkunjung ke Malang, Anda akan menjumpai nama kuliner unik seperti batako. Tenang, ini bukan makanan berbahan dasar material penyusun tembok, kok. Pasalnya, kuliner lezat ini memiliki nama panjang bakso tahu koprol. Lalu, yang dimaksud koprol ini bagaimana, ya? Yuk, coba sendiri!

10. Gehu, Geco, dan Gedas

Ge pada ketiga nama ini berasal dari toge (taoge). Gehu merupakan akronim dari toge tahu, geco berarti toge taoco, sementara gedas berarti toge pedas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini