Jangan Diseduh, Susu Kental Manis Enaknya Disantap dengan 4 Kudapan Ini

Santi Andriani, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 04 298 1917874 jangan-diseduh-susu-kental-manis-enaknya-disantap-dengan-4-kudapan-ini-23cVx3PO5W.jpg Susu kental manis (Foto:Ist)

SUSU kental manis dianggap mengandung lebih banyak kalori (gula) ketimbang nutrisi yang baik untuk mendukung pertumbuhan anak.

Kementrian Kesehatan pun bersikap tegas atas hal ini, yakni dengan menginstruksikan agar BPOM memperhatikan izin eda susu kental manis sebagai susu bernutrisi.

Kandungan gula yang tinggi pada susu kental manis memang tidak baik bagi pertumbuhan anak. Konsumsi gula dalam jumlah besar dan terus menerus tentu bisa meningkatkan resiko obesitas.

"Padahal, fakta yang ada menjelaskan bahwa susu kental manis mengandung gula yang sangat tinggi dan ini berisiko meningkatkan kadar gula pada tubuh seseorang. Apalagi jika dia mengonsumsinya secara terus menerus," tegas Kirana saat ditemui di acara Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) Tahun 2018 di kawasan.

Namun tentu bukan berarti konsumsi susu kental manis sama sekali tidak diperbolehan. Kemenkes menyarankan dari sisi kesehatan adalah mencampurkannya pada dessert atau makanan olahan yang membutuhkan penambah rasa manis yang cukup kuat. Hal ini kemudian menegaskan bahwa susu kental manis tidak diperuntukkan untuk dikonsumsi secara langsung.

 BACA JUGA:

Mengulik Buah-Buah Unik Hasil Persilangan, Salah Satunya Nangkadak

Nah, daripada menyeduhkan dengan air panas sebagai susu, masih banyak sejumlah kudapan yang bisa dicampurkan dengan susu kental manis. Sehingga stock susu kental manis Anda di rumah juga tidak akan mubazir.

Anda bahkan juga bisa menjajal membuatnya sendiri di rumah karena Okezone memberikan sejumlah resep praktis.

 

Roti tawar

Nah, saat Anda bosan mengolesnya dengan selai buah atau cokelat, apalagi kalau sudah tanggal tua, susu kental manis adalah pilihkan praktis dan ekonomis untuk tetap bisa menyantap roti tawar sebagai sarapan.

Susu kental manis yang terbilang ekonomis cukup sebagai olesan roti tawar yang hendak dipanggang atau dimakan langsung. Bahkan caranya terbilang sangat praktis.

 

Puding

 

Hemmmm, membayangkan menyantap puding dengan topping susu kental manis pasti membuat Anda menelan ludah.

Lagi-lagi jika Anda sedang malas membuat vla yang umumnya sebagai saus puding atau biayanya terlalu besar, maka susu kental manis adalah bahan pengganti yang ekonomis.

 

Okezone memberikan resep praktisnya. Resep Puding Kacang Hijau

Bahan-bahan

2 bungkus agar-agar putih

250 gr gula pasir

100 ml air panas

250 gr kacang hijau tanpa kulit, rebus matang dan haluskan

Susu kental manis sesuai selera

Cara membuat

1. Rebus air, agar-agar dan gula hingga mendidih sambil diaduk terus;

2. Tambahkan kacang hijau yang sudah dihaluskan. Aduk rata, angkat dan dinginkan;

3. Masukkan campuran agar-agar ini ke dalam cetakan;

4. Simpan dalam lemari pendingin, potong-potong dan sajikan dalam keadaan dingin dengan topping susu kental manis.

Pemanis es

Nah saat membeli es, misalnya es cendol atau es buah tentu Anda akan melihat kan si penjual menuangkan susu kental manis. Ini sebenarnya penggunaan susu kental manis yang cocok ketimbang diminum sebagai susu.

Karena susu kental manis pada es cendol atau es buah selain tentu saja memberi rasa manis, akan memberi tekstur lebih crimi pada es.

Resep dari pengguna aplikasi Cookpad, Ria Tri Windarti ini bisa Anda sontek.

 

Bahan-bahan

100 gram nata de coco

1 bungkus cendol beras

1 bungkus santan instan

Sejumput garam

5 sdm gula pasir

400 ml air matang

sesuai selera SKM Frisian flag

Es batu

Langkah

1. Tambahkan santan dalam air matang tambahkan sedikit garam;

2. Tambahkan gula pasir aduk rata;

3. Tata dalam gelas susu kental manis coco Pandan, cendol beras, nata de coco dan es batu tuangkan santan yang sudah dicampur gula. Sajikan.

 BACA JUGA:

5 Kesalahan yang Dilakukan Pemula saat Memasak Steak

Taburan pisang goreng

Jika bosan menyantap pisang goreng polos, maka ambil susu kental manis dan tuang pelan-pelan di atasnya.

Ini juga cara yang tepat menyantap susu kental manis ketimbang meminumnya langsung sebagai susu.

 

Jika ingin sebagai olesan pisang goreng, ada baiknya pilih pisang yang belum matang ketika digoreng, sehingga akan sangat tepat ketika disantap dengan susu kental manis. Misalnya seperti pisang uli atau pisang tanduk yang belum terlalu matang.

Nah jadi jangan sedih Anda tidak bisa menikmati susu kental manis, karena susu kental manis tetap bisa dinikmati dengan sejumlah makanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini