nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyelami Olele Lihat Bunga Karang Raksasa Mirip Lukisan Terkenal Eropa

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 16:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 04 406 1917793 menyelami-olele-lihat-bunga-karang-raksasa-mirip-lukisan-terkenal-eropa-7lpFXiTN1O.jpg Taman Laut Olele di Gorontalo (Foto:Ketahui)

MENYAMBANGI destinasi wisata bahari memang sudah biasa. Kegiatan yang dilakukan pun biasanya snorkeling, menyelam, dan menyaksikan pemandangan bawah laut lewat kapal kaca, yang tidak mengharuskan pengunjung untuk berenang dan basah-basahan.

Salah satu destinasi taman laut yang dimiliki Indonesia adalah Taman Laut Olele. Namun, taman laut yang berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo tersebut memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh destinasi bahari yang serupa.

 

BACA JUGA:

Intip Gaya Busana Pria Bule Kekasih Baru Agnez Mo, Bukan Chris Brown Loh!

Di Taman Laut Olele, yang berjarak sekira 20 kilometer dari pusat Kota Gorontalo itu, para wisatawan domestik dan mancanegara bisa melihat indahnya bawah laut Olele bahkan dari atas kapal, karena airnya yang begitu jernih dan bersih berwarna kebiruan. Ikan-ikan berbagai jenis dan terumbu karang berwarna-warni menyihir mata wisatawan hingga terpukau tanpa henti.

Bagi wisatawan yang memiliki minat dan hobi bermain air sambil melihat ikan-ikan bercengkrama di dalam air sela-sela terumbu karang bisa menikmatinya dari permukaan air dengan cara snorkeling. Sementara itu, bagi wisatawan yang tidak puas menyaksikan bawah laut dengan hanya snorkeling bisa menyelam, tapi khusus wisatawan yang memiliki lisensi, ya!

Spot menyelam yang ada di perairan Olele tidak boleh dilewatkan, sebab selain indahnya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, juga ada beberapa spot yang bisa dijelajahi. Jinn Cave, Traffic Circle, Honeycomb, Tjenderawasih Barge Wreck, dan Muck Dive, adalah sederet spot diving alias menyelam yang dimiliki Olele.

BACA JUGA:

Mural-Mural Mengagumkan Pesepakbola di Berbagai Negara Meriahkan Piala Dunia 2018

Namun, di antara banyaknya spot wisata bawah air tersebut, ada biota laut yang patut untuk dilihat, yaitu Salvador Dali Sponge. Ada yang sudah tahu apa itu Salvador Dali Sponge? Yap! Salvador Dali Sponge adalah bunga karang raksasa yang tumbuh di perairan Olele, disebut raksasa karena ukuran lebarnya berkisar 1-2 meter di kedalaman laut 18-40 meter.

 

 (Pinterest)

Menurut traveler yang pernah menyelam di sekitar Salvador Dali Spons, semakin ke dalam ukuran si bunga karang raksasa semakin besar, bahkan sampai kedalaman 70 meter. Tidak hanya ukurannya yang besar, pemilihan nama Salvador Dali pun sebenarnya karena berinspirasi dari lukisan seniman terkenal Eropa, Salvador Dali.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini