nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Seks Bebas, 5 Penyakit Mengerikan Ini Mengancam Nyawa Anda

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 08:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 04 481 1917595 hindari-seks-bebas-5-penyakit-mengerikan-ini-mengancam-nyawa-anda-fw8Y9cgdCX.jpg Penyakit Seksual Menular (Foto: MedicalHerald)

SEKS merupakan salah satu kebutuhan manusia, namun banyak orang yang justru menyalahgunakan seks dan berdampak buruk bagi kehidupan mereka. Seks bebas merupakan salah satu contoh gaya hidup masa kini yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit yang sangat merugikan manusia.

Penyakit Menular Seksual (PMS) merupakan salah satu penyakit yang disebabkan akibat terlalu sering bergonta ganti pasangan. Penyakit ini dapat menular ketika Anda berhubungan seksual untuk pertama kalinya atau untuk kesekian kalinya. Semuanya tergantung terhadap aktivitas seksual masing-masing.

Sebagaimana diketahui 25 persen orang Amerika mengalami PMS yang tidak dapat disembuhkan. Anehnya, 85 persen orang Amerika justru tidak menyadari bila mereka mengidap penyakit mematikan tersebut. Alhasil penyakit menular seperti herpes menular dengan mudah di negara tersebut, akibat aktivitas seksual yang dilakukan secara terus menerus antara orang yang sudah terjangkit virus.

Sebenarnya tidak semua PMS memiliki gejala yang terlihat. Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda mengidap penyakit mematikan tersebut, karena gejalanya bisa disembunyikan. Tapi kabar baiknya PMS yang paling sering Anda idap masih bisa disembuhkan.

Meski demikian Anda harus memeriksakan diri terlebih dahulu tentang PMS yang Anda idap. Menyadur dari Medical Herald, Rabu (3/7/2018), Okezone akan membahas mengenai lima PMS yang paling sering dialami oleh masyarakat.

 Baca Juga :

1.HPV

HPV adalah PMS paling umum dialami oleh masyarakat. Anda berisiko mengidap 40 jenis HPV berbeda. Penyakit ini dapat menyebar hanya melalui kontak dari kulit ke kulit. Penyakit ini juga dapat menyebar melalui kegiatan seksual berupa oral, vaginal dan anal. Beberapa HPV dapat menyebabkan kanker serviks, namun dalam kasus tertentu, penyakit tersebut dapat menyebar dan menyebabkan kanker di mulut dan tenggorokan atau penis.

2.Chlamydia

Chlamydia dapat menyebabkan keluarnya cairan dari vagina atau penis. Anda juga bisa mengalami rasa terbakar saat buang air kecil. Tidak semua orang yang terinfeksi memiliki gejala yang nyata dan berarti. Bahkan dalam beberapa kasus orang yang mengidapnya justru tidak mengetahui telah mengidap penyakit ini. Chlamydia dapat diobati dengan antibiotik, jadi Anda tidak harus hidup dengan infeksi bakteri.

3.Herpes

Anda dapat mengidap herpes melalui kontak kulit. Herpes menyebabkan benjolan dan lecet di sekitar alat kelamin. Lepuh bisa terasa menyakitkan dan tidak sedap dipandang. Herpes adalah virus yang tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikelola dengan obat-obatan.

4.Gonorea

Gonore dan klamidia memiliki gejala serupa. Sekitar 80 persen wanita yang terkena gonore tidak mendapatkan gejala. Kabar baiknya adalah infeksi bakteri dapat diobati dengan antibiotik.

5.Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah parasit yang dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak genital. Wanita lebih cenderung mendapatkan trikomoniasis daripada pria. Gejalanya termasuk rasa panas, gatal dan alat kelamin yang menyakitkan. Pria dan wanita juga bisa mengalami pelepasan dari alat kelamin.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini