nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Rugi Makan Telur Setiap Hari, Ini 5 Manfaat Sehatnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 11:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 04 481 1917640 tidak-rugi-makan-telur-setiap-hari-ini-5-manfaat-sehatnya-8U78ah60Hn.jpg Telur bermanfaat untuk kesehatan (Foto:Shutterstock)

TELUR merupakan salah satu bahan makanan favorit masyarakat Indonesia. Jika diperhatikan berbagai menu masakan Indonesia rata-rata terdiri dari telur. Cara orang mengonsumsi telur pun berbeda satu sama lain. Ada yang mencampurnya dengan bahan makanan lain, atau mengonsumsinya secara langsung.

Saat ini telur masuk dalam kategori superfood. Selain rasanya enak, telur juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tak aneh jika para binaragawan kerap mengonsumsi telur untuk membentuk postur tubuh mereka.

Menyadur dari Health Line, Rabu (4/7/2018), Okezone akan membahas mengenai manfaat mengonsumsi positif mengonsumsi telur setiap hari bagi manusia.

BACA JUGA:

Kemenkes Instruksikan BPOM Cabut Izin Edar Susu Kental Manis, Ini Alasannya!

1.Telur dapat memenuhi nutrisi tubuh

Mengonsumsi telur dapat membantu memenuhi nutrisi dalam tubuh manusia. Sebagaimana diketahui, telur mengandung vitamin A, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B12, folat, fosfor dan selenium. Nutrisi inilah yang membawa dampak positif bagi tubuh manusia.

2.Tinggi kolesterol, tetapi tidak merugikan kolesterol darah

Memang benar bahwa telur mengandung kolesterol tinggi. Bahkan, satu telur mengandung 212 mg, lebih dari setengah dari asupan harian yang direkomendasikan 300 mg. Namun, penting untuk diingat bahwa kolesterol dalam makanan tidak selalu meningkatkan kolesterol dalam darah. Hati sebenarnya menghasilkan kolesterol dalam jumlah besar setiap hari. Ketika Anda meningkatkan asupan kolesterol makanan, hati Anda hanya menghasilkan lebih sedikit kolesterol untuk mengeluarkannya.

 

3.Tingkatkan HDL (Kolesterol "Baik")

HDL adalah singkatan dari high-density lipoprotein. Ia sering dikenal sebagai kolesterol "baik". Orang yang memiliki tingkat HDL yang lebih tinggi biasanya memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Makan telur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan HDL. Dalam sebuah penelitian, makan dua butir telur per hari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL hingga 10%.

4.Mengandung Kolin

Kolin adalah nutrisi yang kebanyakan orang bahkan tidak tahu ada, namun itu adalah zat yang sangat penting dan sering dikelompokkan dengan vitamin B. Kolin digunakan untuk membangun membran sel dan memiliki peran dalam memproduksi molekul sinyal di otak, bersama dengan berbagai fungsi lainnya. Gejala kekurangan kolin sangat serius, tapi untungnya itu sangat langka. Telur utuh merupakan sumber kolin yang sangat baik. Telur tunggal mengandung lebih dari 100 mg nutrisi yang sangat penting ini.

BACA JUGA:

7 Tanda Perempuan Sudah Tidak Perawan, Apa Saja Ya?

5.Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Kolesterol LDL umumnya dikenal sebagai kolesterol "jahat". Sudah diketahui bahwa memiliki tingkat LDL yang tinggi terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Tetapi banyak orang tidak menyadari bahwa LDL dibagi menjadi subtipe berdasarkan ukuran partikel. Ada partikel LDL kecil padat dan partikel LDL besar. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki partikel LDL padat yang sangat kecil memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi daripada orang yang sebagian besar memiliki partikel LDL. Bahkan jika telur cenderung sedikit meningkatkan kolesterol LDL pada beberapa orang, penelitian menunjukkan bahwa partikel berubah dari kecil, padat ke LDL besar.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini