nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Kacamata Hitam Harus Digunakan Bahkan saat Cuaca Mendung

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 04 481 1917686 ini-alasan-kacamata-hitam-harus-digunakan-bahkan-saat-cuaca-mendung-rM7HVpHCVN.jpg Kristen Stewart memakai kacamata

MELINDUNGI tubuh dari paparan sinar matahari seharusnya dilakukan oleh setiap orang. Alasannya karena sinar ultraviolet (UV) yang ada pada matahari dapat berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu, banyak ahli yang menyarankan penggunaan tabir surya sebelum seseorang beraktivitas di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari.

Selama ini diketahui bila sinar UV dapat menyebabkan kanker kulit. Tapi lebih dari itu, sinar UV juga bisa membawa masalah pada mata seperti katarak dan bahkan kanker mata. Oleh karenanya, perlindungan terhadap sinar matahari bukan hanya berasal dari penggunaan tabir surya, namun juga dari kacamata hitam.

Menurut seorang dokter mata di Duke University, Dianna Seldomridge, kacamata hitam bukan hanya diperlukan pada saat matahari sedang terik-teriknya. Pada cuaca mendung pun, seseorang tetap membutuhkan kacamata hitam.

 (Baca Juga:Intip Gaya Busana Pria Bule Kekasih Baru Agnez Mo, Bukan Chris Brown Loh!)

"Sangat penting untuk melindungi mata sepanjang tahun. Katarak, masalah lain, dan beberapa jenis kanker secara langsung berkaitan dengan paparan sinar UV," ucapnya seperti yang dikutip dari Daily Herald, Rabu (4/7/2018).

Seorang dokter mata lainnya, Albert Jun menjelaskan proses kerusakan yang disebabkan oleh matahari. "Sinar UV menyebabkan stres oksidatif dan memainkan peran dalam proses penuaan serta penyakit Iainnya," ucapnya. Dirinya mengambil contoh pada kasus katarak.

Katarak terjadi karena penuaan normal di mana lensa mata berangsur-angsur berubah menjadi keruh sehingga menyebabkan penglihatan buram atau berlipat ganda. Jadi usia adalah faktor risiko utama dan paparan sinar UV dari matahari penyebab lainnya.

 (Baca Juga:Waspadai Demam pada Ibu Hamil, Bisa Sebabkan Bayi Alami Kerusakan Jantung)

"Paparan sinar UV meningkatkan risiko mendapatkan katarak yang lebih awal atau usia yang lebih muda. Dengan kata lain, seseorang mungkin mendapatkan katarak di usia 40 atau 50 tahun, bukan di usia 70-an atau 80-an," tuturnya.

Selain itu, beberapa bukti menunjukkan sinar UV memiliki efek lebih berbahaya pada mata di awal kehidupan, masa kanak-kanak, dan usia 20-an. Kondisi mata lainnya yang terkait dengan paparan sinar UV adalah pertumbuhan non-kanker yang dikenal sebagai pinguecula dan pterygium.

Hal ini membuat adanya titik kuning atau benjolan pada mata putih. Ada juga yang menyebabkan mata surfer yaitu pertumbuhan daging yang dapat menyebar ke kornea dan memengaruhi penglihatan. Pertumbuhan ini terkait dengan paparan sinar UV, serta sering terpapar debu dan angin.

Kerusakan mata yang ditimbulkan oleh sinar matahari dan sinar UV menjadi peringatan bagi orangtua untuk mengajarkan anak-anaknya memakai kacamata hitam dan topi ketika berada di luar ruangan. Tapi bukan kacamata biasa, melainkan kacamata yang benar-benar memberi perlindungan dari sinar UV. Pakailah kacamata bukan sekadar untuk bergaya, namun karena ingin melindungi mata dari masalah.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini