nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh, Terlalu Sering Minum Kopi Terlalu Panas Bisa Sebabkan Kanker

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 15:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 04 481 1917691 waduh-terlalu-sering-minum-kopi-terlalu-panas-bisa-sebabkan-kanker-kBJbBcdMEJ.jpg Ilustrasi Kopi. (Foto: Shutterstock)

KOPI memang sering digadang-gadang sebagai salah satu pencegah penyakit kanker. Namun, ada kondisi-kondisi tertentu di mana meminum kopi malah memicu kanker ganas.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO memperingatkan kepada semua orang, terutama bagi pencinta kopi. Jika Anda sering minum kopi dalam keadaan panas rupanya dapat mengundang zat karsinogenik.

Hal tersebut dibuktikan lewat studi yang dilakukan oleh Badan Penelitian Kanker Internasional berbasis di Amerika Serikat. Dalam studi itu dinilai seberapa bahaya kopi, terutama jika diminum dalam keadaan panas.

Dilansir Scientificamerican, Rabu (4/7/2018), para ahli menyebutkan, ketika Anda minum kopi panas ternyata bisa melepaskan zat karsinogenik. Itu merupakan faktor pemicu kanker yang saat ini sering terjadi. Orang awam pun pasti pernah mendengar.

Baca Juga: 7 Tanda Perempuan Sudah Tidak Perawan, Apa Saja Ya?

Kemungkinan besar, pencinta kopi panas bisa mengalami kanker esofagus ganas. Para peneliti bahkan sebelumnya menempatkan kopi sebagai karsinogenik potensial dalam kategori 2B di samping kloroform, timbal dan banyak zat lainnya.

Kanker esofagus jadi salah satu penyebab kematian terbanyak. Penyakit tersebut terjadi pada orang-orang yang sulit mengatur pola makannya. Per tahun diperkirakan lebih dari 400.000 orang meninggal dunia akibat penyakit tersebut di Negeri Paman Sam.

Dalam evaluasi studi tersebut, para peneliti meneliti hewan yang diberikan minuman panas. Jika bahan studi sering terpapar minuman panas di atas 65 derajat Celcius, efek karsinogenik cepat meningkat.

Beberapa percobaannya dilakukan pada tikus. Hewan pengerat itu diberikan minuman panas, termasuk kopi. Ternyata hasil studinya fapat mendorong perkembangan tumor.

Baca Juga: Catatan untuk Pasutri! 4 Tindakan Seks Ini Dibenci Allah SWT

Juru bicara resmi WHO di Jenewa, Gregory Hartl mengatakan, evaluasi minuman panas didasarkan pada bukti terbatas pada manusia dan hewan. Tapi penelitian lebih lanjut juga diperlukan. "Berhati-hatilah saat konsumsi minuman yang bersuhu panas. Sebab bisa memicu peningkatkan zat karsinogenik," ujarnya kepada Reuters, beberapa waktu lalu.

Tidak sebatas pada kopi panas, badan peneliti kanker berbasis di Lyon itu juga meneliti efek samping makan daging yang memicu kanker. Termasuk daging olahan dan berpengaruh yang sering kita dengar berbahaya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini