nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mata Adam Levine Bintitan, Apa Ya Sebabnya?

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 14:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 04 481 1917745 mata-adam-levine-bintitan-apa-ya-sebabnya-XVzZiBZcEI.jpg Adam Levine (Foto: @adamlevine)

VOKALIS Maroon 5, Adam Levine hari ini membuat kehebohan saat mengunggah foto di akun Instagram pribadinya. Foto itu memperlihatkan bila di kelopak matanya terdapat benjolan seperti bisul atau yang lebih dikenal dengan istilah bintitan. Pada keterangan foto dirinya menulis, “Check out how sexy my eye looks!!! Weeeee!!!!!”

Menurut mitos yang beredar, kebanyakan masyarakat kita percaya bintitan terjadi karena kebiasaan mengintip orang lain. Tapi sebenarnya, di dunia medis bintitan dikenal dengan nama hordeolum. Bintitan adalah benjolan merah di dekat tepi kelopak mata yang terlihat seperti bisul atau jerawat. Benjolan ini kadang-kadang berisi nanah dan terasa menyakitkan.

Pada beberapa kasus, bintitan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Biasanya kondisi ini timbul dengan beberapa gejala. Melansir Mayo Clinic, Rabu (4/7/2018), gejala bintitan meliputi benjolan merah di kelopak mata serta nyeri dan bengkak di kelopak mata. Bintitan terjadi karena infeksi kelenjar minyak di kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus.

Selain itu, bintitan bisa timbul apabila seseorang menyentuh matanya dengan tangan yang tidak dicuci, memasukkan lensa kontak dengan tangan kotor, tidak membersihkan riasan wajah di sekitar mata, menggunakan kosmetik lama atau kedaluwarsa, memiliki blepharitis yaitu peradangan kronis di sepanjang tepi kelopak mata, dan rosacea, kondisi kulit yang ditandai dengan kemerahan wajah.

Adam Levine

Hampir sebagian besar bintitan tidak berbahaya bagi mata dan tidak memengaruhi kemampuanpenglihatan. Bintitan bisa sembuh tanpa perawatan. Tapi bagi mereka yang tidak nyaman dengan kondisinya, mengompres kelopak mata yang bintitan selama 5-10 menit dengan menggunakan kain lap hangat bisa membantu mengecilkan benjolan. Kompreslah kelopak mata beberapa kali sehari sambil memijatnya dengan lembut. Namun bila kondisi bintitan tidak membaik setelah 48 jam serta kemerahan dan bengkaknya meluas ke bagian wajah lain, maka perlu segera konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, infeksi mata seperti bintitan bisa dicegah dengan cara mencuci tangan dengan sabun atau pembersih tangan yang mengandung alkohol sesering mungkin, jauhkan tangan yang kotor dari mata, membuang kosmetik yang sudah lama, jangan berbagi kosmetik untuk mata dengan orang lain, dan jangan memakai riasan mata semalaman. Bagi Anda yang memakai lensa kontak, pastikan tangan sudah tercuci bersih sebelum memasukkannya ke mata.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini