nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Kolagen, Pencegah Kulit Keriput dan Noda Hitam di Wajah

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 17:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 04 481 1917822 mengenal-kolagen-pencegah-kulit-keriput-dan-noda-hitam-di-wajah-pSf3vKJNZY.jpg Ilustrasi. (Foto: Huffpost)

SENYAWA kolagen selalu dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kulit. Tanpa asupan kolagen yang baik, Anda mudah mengalami penuaan, terutama bagi kaum hawa.

Kolagen memang fungsinya yang membantu menjaga penampilan supaya awet muda. Terlepas dari itu, jika kulit mendapat asupan kolagen cukup Anda bisa terhindar dari kulit keriput, kulit lipatan hitam, kulit kendur dan sebagainya. Pasti sebagai kaum hawa, Anda tidak mau mengatasinya.

Dengan menggunakan kosmetik saja tidak cukup untuk mempercantik penampilan. Bagaimanapun Anda tetap membutuhkan asupan kolagen yang cukup.

Direktur Medis dan Dokter Kulit dr batul Patel membeberkan fakta-fakta kolagen yang harus Anda simak. Berikut ulasannya, dilansir Thehealthsite, Rabu (4/7/2018).

Baca Juga: Berwajah Cantik dan Tubuh Seksi, Ini Deretan WAGs Penggawa Timnas Inggris

1. Apa itu kolagen

Kolagen merupakan komponen penting dari kulit protein yang membantu mempertahankan struktur, bentuk dan menjaga kulit terhidrasi. Kolagen mengandung sekira 28 jenis protein baik untuk kulit.

Jika digunakan terus-menerus efeknya bisa menjaga kelembapan kulit. Paling penting lagi Anda bisa menjaga elastisitas kulit supaya tidak cepat mengalami penuaan.

2. Khasiat Kolagen

Kolagen peptida telah terbukti meningkatkan kesehatan kulit, termasuk menghidrasi kulit dan menjaga kekenyalannya. Dengan menggunakan asupan kolagen tersebut, Anda jadi lebih tampil awet muda di hadapan siapapun.

Di samping itu, fungsi dari kolagen peptida ialah mampu menjaga kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi pigmentasi. Itu karena kolagen tersebut mengandung antioksidan seperti lycopene dan vitamin C untuk melawan radikal bebas.

Baca Juga: 7 Tanda Perempuan Sudah Tidak Perawan, Apa Saja Ya?

3. Suplemen kolagen dari hewan

Jika ingin mendapatkan asupan kolagen selain dari buah atau bahan Makanan segar lain, ada pula suplemen kolagen dari hewan. Biasanya malah diolah menjadi campuran makanan supaya dapat dikonsumsi secara bersamaan.

Tapi pada beberapa orang bisa mengalami efek samping usai konsumsi suplemen itu karena alergi. Maka itu, pilih jenis suplemen yang tepat dan aman dikonsumsi supaya tidak timbul efek samping.

4. Kolagen suplemen bisa memicu efek samping

Berdasarkan hasil penelitian, seseorang yang konsumsi kolagen suplemen dapat mengalami efek samping. Termasuk dispepsia, mual atau perut kembung. Risiko tersebut mungkin jarang terjadi. Paling tidak Anda menetralisir dengan minum jus buah manis agar tidak terasa eneg.

5. Kolagen ampuh cegah penuaan dini

Siapa sih yang mau mengalami penuaan dini yang ditandai kulit keriput, noda hitam di wajah, kulit dehidrasi dan sebagainya. Karena itu, Anda harus mendapatkan asupan kolagen yang baik.

Caranya dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung kolagen, seperti buah-buahan, ikan, sayuran hijau, kacang-kacangan hingga biji-bijian. Terlebih selain mendapat asupan kolagen cukup, Anda juga harus menghindari pemicu stres karena memperburuk kondisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini