nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Termuda Malaysia, Syed Saddiq Dorong Masyarakat Lakukan Gaya Hidup Sehat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 16:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 04 481 1917842 menteri-termuda-malaysia-syed-saddiq-dorong-masyarakat-lakukan-gaya-hidup-sehat-vk8QDEoosc.jpg Syed Saddiq (Foto: Instagram)

NAMA Syed Saddiq mencuat dalam beberapa hari terakhir. Pasalnya, pria berusia 25 tahun itu baru saja terpilih sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia dalam kabinet bentukan Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohammad.

Syed Saddiq tak pelak memecahkan rekor sebagai menteri paling muda yang pernah masuk dalam jajaran kabinet. Ia memupus catatan mantan bosnya, Khairy Jamaluddin, sebagai menteri dengan usia paling muda (37 tahun) saat ditunjuk pada 2013. Selain usianya, wajah tampan sang menteri juga menjadi perbincangan warganet.

Setelah diangkat sumpah sebagai Menpora, Syed Saddiq ingin mengubah budaya yang ada di kementerian yang akan dipimpinnya. Alih-alih dipanggil sebagai ‘Yang Berhormat’, ia lebih ingin dipanggil ‘Bro’ karena panggilan tersebut membuatnya terkesan tua. Pria kelahiran Johor itu juga berkeinginan mendorong agar masyarakat Malaysia memiliki gaya hidup sehat.

 (Baca Juga:Waduh, Terlalu Sering Minum Kopi Terlalu Panas Bisa Sebabkan Kanker)

“Kita harus mengaplikasikan budaya kerja yang baru, sebelum bekerja atau sesudah jam kerja, kita bisa jogging. Kami ingin membawa budaya rajin berolahraga ini tidak hanya kepada pemuda di bawah 21 tahun tetapi juga semua Malaysia, terutama mereka yang bekerja di Kementerian (Pemuda dan Olahraga),” terang Saddiq, mengutip dari Channel News Asia, Rabu (4/7/2018).

“Di masa lalu, kita semua adalah pelajar, dan sangat bugar serta aktif berolahraga. Tetapi, setelah kita mulai bekerja, perut kita semua semakin maju,” ujarnya seraya berkelakar.

 (Baca Juga:Pijat Bayi akan Lebih Berdampak Baik Jika Ibu yang Langsung Melakukannya!)


Tak hanya ingin membiasakan berolahraga, Saddiq juga ingin agar budaya kerja yang kaku di kantor untuk diubah. Ia menghendaki agar jajarannya menganggap satu sama lain sebagai keluarga dalam lingkungan kerja yang lebih rileks.

Meski berusia muda, Syed Saddiq sangat pantas ditunjuk sebagai Menpora Malaysia. Usai lulus dari Fakultas Hukum International Islamic University, Malaysia, ia dua kali menolak tawaran beasiswa penuh dari Oxford University, Inggris, untuk gelar Master di bidang Kebijakan Publik dengan alasan ingin mengabdi kepada masyarakat Negeri Jiran.

Pria yang menggemari sepakbola dan klub Manchester United itu pertama kali mencuri perhatian publik setelah tiga kali memenangi lomba debat Asian British Parliamentary (ABP) Debating Championship. Saddiq juga terlibat dalam gerakan pemuda Change Led by The Young Generation untuk menolak kepemimpinan mantan PM Najib Razak yang tersangkut kasus korupsi 1MDB.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini