5 Kudapan Sehat untuk Mengatasi Kecanduan Gula

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 20:54 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 04 481 1917891 5-kudapan-sehat-untuk-mengatasi-kecanduan-gula-6uFjKeDvu8.jpg Smoothies (Foto: Wisegeek)

MENGONSUMSI makanan manis mungkin kesukaan banyak orang. Camilan manis seperti cokelat, donat, kue kering, permen, dan lainnya memang dapat menaikkan suasana hati lantaran membawa perasaan menyenangkan dan menenangkan pikiran. Akan tetapi, makanan manis mengandung kalori tinggi yang apabila dimakan secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak.

Selain itu, makanan manis bisa menggagalkan program penurunan berat badan. Namun yang namanya mengidam makanan manis atau sugar craving terkadang tidak bisa terhindarkan. Untuk mengatasi kondisi ini, ada baiknya mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Melansir Ndtv, Rabu (4/7/2018), inilah makanan yang lebih baik untuk dikonsumsi:

 Baca juga: Kemenkes Instruksikan BPOM Cabut Izin Edar Susu Kental Manis, Ini Alasannya!

Kurma

 

Tak hanya bisa dikonsumsi selama bulan puasa, kurma juga menjadi pilihan yang baik bila menginginkan makanan manis. Kurma merupakan sumber serat, kalium, dan zat besi. Selain itu, buah yang memiliki rasa manis ini dapat meningkatkan energi pada tubuh. Kurma juga membantu menjaga kadar gula darah. Kacang almond bisa menjadi pilihan tepat untuk dimakan bersama kurma.

Biji chia

Makanan yang terlihat seperti biji selasih ini merupakan sumber dari banyak nutrisi penting seperti asam lemak omega-3 yang bisa membantu meningkatkan kolesterol HDL untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Biji chia terdiri dari 40% serat sehingga bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Ubi jalar

 

Makanan yang bercita rasa manis ini kaya akan serat, vitamin, dan serat. Ubi jalar bisa menyehatkan sistem pencernaan dan merupakan sumber asupan karbohidrat yang baik sehingga menjaga diet seimbang. Ubi jalar bisa dimakan dengan cara dipanggang bersama sejumput kayu manis.

Snack bars

Ya, camilan snack bar juga bisa sehat. Tapi, jenisnya harus benar-benar diperhatikan. Pilihlah snack bar yang terbuat dari oat dan dimaniskan dengan buah kering. Snack bar ini tergolong rendah kalori tapi bisa memuaskan hasrat untuk makan makanan manis.

 Baca juga: Intip Gaya Busana Pria Bule Kekasih Baru Agnez Mo, Bukan Chris Brown Loh!

Smoothie

 

Salah satu cara untuk memenuhi keinginan manis adalah minum smoothie. Minuman yang satu ini tergolong sehat dan baik untuk tubuh karena terbuat dari campuran buah-buahan. Tambahkan sedikit yoghurt agar minuman semakin bergizi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini