nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Proteksi Diri, Ini Manfaat Latihan Boxing untuk Perempuan

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2018 23:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 04 481 1917963 selain-proteksi-diri-ini-manfaat-latihan-boxing-untuk-perempuan-SaA4g8RBnb.jpg Ilustrasi (Foto: Shape)

BANYAK cara untuk menjaga kekuatan otot tubuh, terutama dengan berolahraga. Salah satu yang wajib kamu coba yakni latihan boxing dengan gerakan dasar yang seru.

Di Indonesia, tren latihan boxing nampaknya mulai digemari para pemula. Apalagi bagi kaum hawa yang mulai menyukai olahraga dengan gerakan cukup berat. Tak ada salahnya Anda mencoba mengikuti kelas setiap hari atau setiap minggu.

Dalam satu sesi latihan membutuhkan waktu 45 menit. Jangan dibayangkan seberapa berat dan rumit dari latihan ini sebelum melakukannya.

Pastinya saat melakukan latihan boxing selalu melibatkan gerakan pukulan tangan yang kuat. Anda harus memukul heavy bag atau samsak tinju yang diibaratkan sebagai lawannya.

Nah, latihan ini bisa membuat Anda merasakan banyak manfaatnya, terutama bagi kaum hawa. Instruktur Boxing Perempuan Pippo dari Fitness First membeberkannya lebih lanjut.

1. Melatih kekuatan otot

Umumnya gerakan boxing melibatkan telapak tangan, bahu, lengan, pinggang, punggung, pinggul, perut dan kaki. Semua area tersebut bergerak cukup kuat, sehingga mampu mengendalikan otot-otot dengan sempurna. Anda juga menjadi lebih kuat saat melakukan aktivitas fisik lainnya. Di samping itu, jika dilakukan rutin, bisa membentuk otot tubuh dengan sempurna.

2. Membakar kalori tubuh

Boxing salah satu olahraga yang paling ampuh membakar kalori tubuh. Terutama bisa membakar lemak di sekitar perut Anda. Efeknya pasti Anda punya berat badan ideal dan tidak kegemukan. Tubuh jadi sehat dan pola makan teratur.

Latihan Boxing

3. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Ketika melakukan latihan boxing, denyut jantung meningkat dengan frekuensi wajar. Bila terus-menerus latihan ini dipraktikkan, kekuatan otot jantung jadi baik. Anda tentunya bisa mencegah risiko penyumbatan darah di sekitar jantung, yang menjadi bagian fital.

4. Menambah konsentrasi

Saat latihan boxing, kordinasi pikiran dan fokus penglihatan berjalan dengan baik. Karenanya, Anda jadi mudah fokus dalam menyelesaikan pekerjaan, bila mempraktikkan boxing. Bagaimana tidak, selama 45 menit Anda dituntut untuk fokus latihan dengan pandangan satu arah.

5. Sebagai proteksi diri

Bagi kaum hawa harus memiliki bentuk proteksi diri di mana saja. Seperti gerakan boxing bisa jadi andalan until melawan musuh jahat di jalan raya. Pastinya Anda jadi lebih mudah tenang dan merasa aman ketika rutin melakukan latihan boxing setiap hari.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini