nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Salah Lagi, Begini Cara Sehat Minum Kopi di Pagi Hari

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 03:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 05 298 1918350 jangan-salah-lagi-begini-cara-sehat-minum-kopi-di-pagi-hari-mjega1j2yz.jpg Cara sehat minum kopi (Foto:Shutterstock)

SECANGKIR kopi di pagi hari sering menjadi pilihan sebagian besar orang untuk memulai aktivitas. Akan tetapi, sadarkah kalau mungkin saja cara Anda meminum kopi di pagi hari ternyata salah?

Umumnya, orang menambahkan gula ke kopi dengan alasan menghilangkan rasa pahitnya. Padahal kalau Anda sering mengonsumsi kopi seperti itu efeknya bisa memicu sejumlah penyakit.

Terlalu sering menambahkan gula pada kopi dapat memicu obesitas. Nah, ujung-ujungnya bisa mengarah pada risiko penyakit diabetes tipe 2 dan memicu kanker ganas.

Jika ingin tak menghilangkan kebiasaan minum kopi di pagi hari, Anda harus mengubah caranya. Berikut lima cara sehatnya, dilansir Timesofindia, Jumat (6/7/2018).

BACA JUGA:

5 Idola Tik Tok Cantik Ini Tidak Kalah Tenar dari Bowo Alpenliebe

1. Minumlah segelas air sebelum minum kopi

Usai bangun tidur minum dulu air putih biasa supaya menyegarkan mulut. Di samping itu, Anda harus mulai menghidrasi tubuh kembali. Sebab, selama tidur di malam hari sama saja tubuh puasa dan tidak mendapat asupan air. Setelah itu, barulah minum secangkir kopi hangat favorit Anda.

2. Jangan tambahkan pemanis buatan

Meski pemanis buatan tergolong bebas kalori, para peneliti yakin bahwa itu tidak benar. Jika Anda menambahkan gula ke dalam kopi, hal tersebut bisa memicu gangguan kesehatan. Anda mungkin jadi kecanduan dan ujung-ujungnya memicu obesitas. Dalam jangka panjang jika sering menambahkan gula ke dalam cangkir kopi, kadar gula dalam darah Anda bisa naik hingga memicu diabetes tipe 2 dan stroke.

 

3. Tambahkan susu nabati

Seseorang biasanya menambahkan susu segar ke dalam kopi favoritnya. Rasanya tentu menjadi tambah mantap dan mengenyangkan. Tapi pilih saja susu yang mengandung nabati, yang memiliki kandungan omega-3 dan rendah kalori. Seperti susu almond, kedelai, bahkan santan.

BACA JUGA:

BPOM Sebut Susu Kental Manis Hanya Gula, Ini 6 Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Gula pada Anak

4. Tambahkan rempah

Tak ada salahnya Anda menambahkan aneka rempah segar seperti kayu manis, jahe, cengkeh dan pala. Selain menambah aroma nikmat kopi, efeknya bisa menambah kandungan antioksidan. Dengan mengonsumsi kopi ditambah rempah, secara alami tubuh dapat mengatur gula darah dan insulin untuk mencegah diabetes.

5. Ganti dengan gula aren

Saat ini tren minum kopi sangat nikmat ditambahkan gula aren. Anda bisa mencobanya setiap pagi. Rasanya tidak terlalu manis dan gula aren mengandung rendah kalori. Selain itu, yang harus Anda ingat ialah setiap hari hanya boleh mengonsumsi asupan gula harian sebanyak 6 sendok teh saja. Karenanya, lebih baik ganti kebiasaan minum kopi dengan menambahkan gula pasir, dengan gula aren yang lebih aman.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini