nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Membeli, Ini 6 Fakta Saus Tomat Botolan yang Perlu Diketahui

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 07:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 05 298 1918438 sebelum-membeli-ini-6-fakta-saus-tomat-botolan-yang-perlu-diketahui-irth2KW6Xy.jpg Saus tomat (Foto: Timesofindia)

Apa yang terlintas dibenak Anda ketika mendengar kata "tomat"? Sebagian besar orang pasti akan menjawab saus botolan mengingat buah ini identik dengan bumbu berwarna merah merona tersebut.

Namun ternyata, ada banyak sekali fakta menarik tentang saus tomat yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut Okezone rangkumkan 5 di antaranya, sebagaimana dilansir dari Times of India, Jumat (6/7/2018).

Bumbu utama

Pada awalnya saus tomat termasuk salah satu bumbu dasar yang sering digunakan untuk membuat pie, ikan panggang, dan menu berbahan dasar daging lainnya. Coba bandingkan dengan kondisi saat ini, saus tomat hanya dijadikan bumbu pelengkap ketika seseorang tengah menikmati sepotong pizza atau hamburger.

Tidak mengandung tomat

Sesuai dengan namanya, saus tomat tentu diolah dari buah tomat segar yang dicampurkan dengan beberapa bumbu tambahan. Namun tahukah Anda, pada zaman dahulu, bumbu ini justru tidak mengandung tomat sama sekali. Ia terbuat dari potongan ikan teri, bawang merah, kerang tiram, lemon, atau bahkan kacang kenari.

Saus Tomat

Mencegah kanker

Menurut hasil penelitian, saus tomat diklaim dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu karena mengandung lycopene. Kandungan tersebut merupakan senyawa antioksidan yang dapat menghambat peradangan dan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Pecahkan rekor

Pada 2009, masyarakat Collinsville, Illionis, berhasil memecahkan rekor untuk kategori saus tomat terbesar di dunia. Rekor ini kemudian dicatat dalam buku Guinness World Record.

Saus Tomat

Kaya nutrisi

Menurut para ahli, mengonsumsi 4 sendok makan saus tomat sama halnya dengan mengonsumsi satu buah tomat berukuran sedang. Selain itu, saus tomat juga lebih banyak mengandung nutrisi esensial seperti vitamin A, B1, C, protein, karbohidrat, kalsium, dan masih banyak lagi.

Bumbu serbaguna

Ini mungkin terdengar sedikit aneh, tapi tahukah Anda saus tomat termasuk salah satu bumbu serba guna yang dapat digunakan untuk mengolah makanan penutup, bahkan minuman. Tidak percaya? Cobalah olahan kue bertopping saus tomat khas Kanada.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini