nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Mulai Latihan Boxing? Kenali Dulu 4 Gerakan Dasarnya

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 12:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 05 481 1918225 mau-mulai-latihan-boxing-kenali-dulu-4-gerakan-dasarnya-j9ZTmAJ8LZ.jpg Olahraga tinju (Foto:Declathon)

LATIHAN boxing atau tinju bisa diandalkan untuk membakar kalori tubuh. Gerakan-gerakannya mengandalkan banyak teknik, yang membuat Anda mampu mewujudkan keinginan untuk punya badan langsing.

Seorang pemula boleh saja mencoba latihan boxing yang belakangan ini mulai tren. Ketika melakukannya tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. Banyak pula keuntungan yang didapatkan ketika rutin melakukan latihan ini.

"Biasanya orang yang suka latihan boxing kordinasi fisik dan konsentrasinya bagus. Di samping manfaatnya secara umum baik untuk meningkatkan kekuatan otot," ujar Aurelia Linda, Group Fitness First Manager Pacific Place dan Cibubur Junction ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Dia menjelaskan, ketika melakukan latihan, umumnya boxing mengandalkan gerakan lengan, bahu, tangan, kaki, pinggang, hingga bokong. Semua anggota tubuh berkordinasi dengan baik supaya Anda tetap nyaman bergerak.

Biasanya latihan boxing untuk pemula membutuhkan waktu sekira 45 menit. Anda harus melakukan gerakan-gerakan dasar yang disebut jab, cross, hook dan uppercut.

BACA JUGA:

5 Idola Tik Tok Cantik Ini Tidak Kalah Tenar dari Bowo Alpenliebe

Adapun peralatan yang dibutuhkan saat melakukan latihan ini ialah membutuhkan heavy bag (samsak tinju), sarung tangan, boxing hand bag dan fipper.

Kalangan manapun, termasuk perempuan dan laki-laki boleh melakukan latihan boxing. Begitu juga dengan usia 17-60 tahunan boleh mempraktikkan.

"Keuntungan lainnya ketika orang rutin boxing pasti punya bekal bela diri dari serangan kejahatan. Apalagi bagi perempuan, sangat membutuhkan ini," terangnya.

Lalu gerakan latihan boxing untuk pemula dirancang tidak berat. Paling tidak, Anda harus cukup energi dan tidak sedang sakit atau cedera saat mengikuti kelas.

Dari empat teknik gerakan boxing tersebut pasti punya manfaatnya masing-masing. Okezone beberkan lebih lanjut lewat ulasan berikut ini. Yuk simak!

 BACA JUGA:

Selain Paul Pogba, Berikut Deretan Pemain Muslim di Timnas Prancis

1. Gerakan jab

Gerakan ini membuat orang harus memukul cepat dengan mengepalkan tangan. Secara detail fungsi dari jab bisa menguatkan otot tangan dan melancarkan aliran darah di sekitarnya. Dalam satu sesi latihan, gerakan jab tak pernah dilewatkan, kemudian dikombinasikan dengan teknik boxing dasar lainnya.

2. Gerakan cross

Teknik kedua yang harus diingat ketika melakukan latihan tinju ialah cross. Teknik ini melibatkan tangan arahnya dari belakang siku. Kemudian kaki mengambil teknik kuda-kuda. Saat melakukan gerakan tersebut, melibatkan kerja bahu yang maksimal.

3. Gerakan uppercut

 

Teknik uppercut melibatkan panggul, perut samping, upper bahu dan telapak tangan. Yang pasti teknik ini sangat menguntungkan. Anda bisa membakar lemak di sekitar perut yang mengganggu penampilan. Karenanya, jangan lupakan teknik ini ketika melakukan latihan boxing yang seru.

 

4. Gerakan hook

Terakhir adalah gerakan hook, yang mana Anda harus mempraktikkan pukulan pendek dengan gerakan melingkar. Kemudian tangan ditekuk dengan sudut 90 derajat. Dasarnya gerakan ini melibatkan gerakan perut, pinggang, bahu, dan tangan. Kemudian saat melakukan tekniknya dengan pukulan menyamping.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini