nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Takaran Konsumsi Vitamin C yang Disarankan Ahli Gizi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 16:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 05 481 1918324 ini-takaran-konsumsi-vitamin-c-yang-disarankan-ahli-gizi-OwmHcNfCJW.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ASUPAN vitamin C sudah diketahui punya banyak manfaat bagi tubuh manusia. Selain berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit untuk merangsang pertumbuhan kolagen.

Sayangnya, menurut dokter spesialis gizi, Marya Haryono, pola makan dan hidup masyarakat Indonesia menimbulkan risiko kekurangan asupan vitamin C dan B karena kurang sayur dan buah. Belum lagi adanya paparan radikal bebas, stres, pola hidup, dan polusi membuat asupan vitamin sangat dibutuhkan.

Ia menuturkan, anjuran untuk mengonsumsi vitamin dihitung berdasarkan satuan Angka Kecukupan Gizi (AKG). Untuk orang Indonesia, takaran AKG vitamin C yang disarankan adalah 70-90 miligram (mg). Namun, asupan itu dianggap belum cukup.

 (Baca Juga: Tampil Mengesankan di Piala Dunia 2018, Ini Sosok 4 Pesepakbola Muslim Belgia)

"Berdasarkan penelitian disarankan untuk mengonsumsi vitamin C sedikit lebih tinggi. Sumber terbaik sudah pasti dari makanan alami. Kalau ingin sumber tambahan vitamin C yang bukan alami, sedikit bijaklah dalam memilih suplemen," terang Dokter Marya Haryono, Sp. GK., kepada awak media saat peluncuran produk Oronamin C di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/7/2018).

 

Berdasarkan dosis yang pas, vitamin C dapat diperoleh dari 4-5 porsi sayur dan buah. Akan tetapi, Marya menyarankan agar menambah asupan vitamin C hingga 100-200 mg sesuai kebutuhan, terutama perokok. Sekali lagi, ia menekankan agar bijak dalam memilih suplemen tambahan apalagi jangan sampai kelebihan dosis.

 (Baca Juga:5 Idola Tik Tok Cantik Ini Tidak Kalah Tenar dari Bowo Alpenliebe)

"Bijaklah memilih sumber tambahan vitamin C yang bukan alami. Salah satunya perhatikan dosis. Sedikit salah, kebanyakan sekali juga salah. Terutama saat suntik vitamin C karena itu bisa terjadi megadosis, sekali suntik 10 gram," tutur Marya.

Perwakilan dari Amerta Indah Otsuka sebagai produsen Oronamin C, Ronggo, menuturkan produknya memiliki kandungan yang unik, yakni vitamim C dan B ditambah madu. Dosisnya pun masih aman, yakni 145 mg, yang setara dengan lima buah lemon, sebagai sumber vitamin C terbaik.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini