nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Kemandulan pada Pria, Ngemil Kacang Bisa Perbaiki Kualitas Sperma Kamu!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 21:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 05 481 1918486 cegah-kemandulan-pada-pria-ngemil-kacang-bisa-perbaiki-kualitas-sperma-kamu-VTw88PMCx7.jpg Kacang (Healthline)

TAK cuma wanita, seorang pria juga harus menjaga kesuburannya. Salah satunya dengan mengonsumsi kacang-kacangan, karena dapat meningkatkan kualitas sperma.

Sayangnya, banyak pria yang diklaim mandul dan sulit punya anak usai menikah beberapa tahun belakangan. Itu karena faktor gaya hidup, termasuk merokok, terbiasa makan junk food, minum alkohol dan sebagainya.

 Baca juga: Kulit Kuaci hingga Permen Mint Ternyata Buat Rusak Gigi Kamu Loh!

"Polusi, merokok, dan terbiasa makan junk food pemicu pria mandul," ujar Peneliti Albert Salas-Huetos dari Universitat Rovira i Virgil di Spanyol dilansir Thehealthsite, Jumat (6/7/2018).

Karena itu, para peneliti mencari solusi agar mencegah pria jadi mandul. Salah satu caranya yang telah dipercaya ialah terbiasa makan aneka jenis kacang di waktu senggang.

 kesuburan pria

Jika pria doyan ngemil kacang-kacangan diklaim dapat meningkatkan DNA sperma. Hal ini tentu mendukung pasangan suami-istri lebih cepat dikarunia anak usai menikah.

 Baca juga:Gaya Liburan Zaskia Sungkar, Cantik Maksimal dengan Hijab Syar'i

Berdasarkan studi, seorang pria yang selalu makan kacang paling tidak 60 gram dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Dari temuan yang dikemukakan para ahli, keberhasilan dari kebiasaan tersebut menguntungkan sekira 20%.

Dalam uji klinis tersebut melibatkan 119 pria muda sehat yang menjadi responden. Rata-rata mereka berusia 18-35 tahun. Mereka menjalani diet sehat selama 14 minggu. Responden diutus untuk makan aneka jenis kacang-kacangan, seperti almond, hazelnut dan walnut.

Cara dietnya pun beragam, kacang-kacangan tersebut diolah menjadi makanan sehat atau langsung dimakan usai dipanggang. Mereka menyukai cara ini karena tidak tersiksa dengan dietnya.

Baca juga: Cara Sehat Masak Mi Instan, Pertama Buang Air Rebusan

Seksual

Kacang-kacangan adalah makanan padat yang mengandung banyak omega-3, antioksidan terdiri dari vitamin C dan E, selenium dan seng, serta asam folat dan fitokimia. Nutrisi tersebut mudah dicerna dan tidak mengandung tinggi kalori.

Di samping itu, kacang juga mengandung tinggi protein nabati yang bermanfaat. Di samping baik untuk meningkatkan kualitas sperma, baik juga untuk menurunkan berat badan.

“Kebiasaan makan kacang jadi gaya hidup sehat yang membantu keberhasilan konsepsi. Cobalah untuk memulai ngemil kacang karena banyak manfaat,” pungkas Albert.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini