nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum 3 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bisa Bikin Umur Panjang, Kok Bisa?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 17:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 06 481 1918907 minum-3-cangkir-kopi-hitam-sehari-bisa-bikin-umur-panjang-kok-bisa-dEV641Istg.jpg Kopi hitam (Foto: Whitehorsecoffee)

TERBIASA minum kopi hitam sering dikenal untuk mencegah penyakit jantung koroner dan beberapa penyakit kronis lainnya. Tapi ada juga studi terbaru yang menunjukkan bahwa minuman tersebut juga bisa menjaga kesehatan organ hati.

Di samping itu, jika Anda terbiasa minum kopi hitam dalam sehari sebanyak 3-4 cangkir, Anda akan mudah meningkatkan energi, meningkatkan aktivitas otak, meningkatkan kinerja fisik, membantu membakar lemak, serta dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Minum kopi juga dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia, dapat membantu mengobati depresi, mengurangi sembelit, hingga diklaim dapat melawan kanker. Berdasarkan studi lainnya pula dijelaskan bahwa seseorang yang terbiasa minum kopi dapat melindungi organ hati.

 Baca juga: Hindari Penggunaan Sabun Batang Bersama, Ini Bahayanya

Mengingat organ hati sama pentingnya seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan otak. Fungsi utama organ hati ialah memecah makanan yang dikonsumsi menjadi energi dan menyaring racun.

Karena hati adalah organ vital, ketika mengalami gangguan efek sampingnya bisa sama-sama fatal. Karena itu Anda harus melindungi kondisi organ hati supaya fungsinya tetap normal sepanjang usia.

Dilansir Boldsky, Jumat (6/7/2018), untuk membuktikan bahwa kopi mampu melindungi organ hati, sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Emily Hu dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg melibatkan 14.208 responden, yang ikut studi selama periode 26 tahun. Para peneliti memantau responden tersebut usai diberikan 3 cangkir kopi dalam sehari.

Hasilnya menunjukkan, seseorang yang minum kopi tiga cangkir itu sekira 21% lebih rendah mengembangkan penyakit hati. Fungsi ini juga berlaku bagi pencinta minuman beralkohol, dapat menangkal risiko penyakit hati yang fatal dengan minum kopi hitam.

Sebabnya, kopi memiliki tingginya jumlah antioksidan yang baik fungsinya. Anda bisa meningkatkan kesehatan hati dengan mengisi kembali sel-sel di dalam organ tubuh tersebut.

Tapi kalau ingin minum kopi dengan cara sehat, jangan tambahkan banyak gula, krim, dan susu ke dalam cangkir kopi favorit Anda. Justru cara itu mengandung zat aditif yang tidak sehat.

Baca juga: 5 Destinasi Terindah di Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi di Saat Hidup!

Malahan jika Anda minum kopi dengan menambahkan gula malah risikonya memicu penyakit diabetes yang kini mudah dialami oleh siapa saja.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini