nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bau Menyengat di Kolam Renang Bukan karena Banyak Kaporitnya, Apa Penyebabnya?

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 21:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 06 481 1918995 bau-menyengat-di-kolam-renang-bukan-karena-banyak-kaporitnya-apa-penyebabnya-dG4BtbiIUF.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

BERENANG merupakan aktivitas yang digemari oleh banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak bisa dipungkiri, olahraga sambil bermain memang cukup menjadi pilihan bagi mereka yang kadang enggan berlatih. Tapi di balik manfaat kesehatannya, ternyata berenang juga membawa masalah.

Di kolam renang terkadang tercium aroma yang langsung dikenali dan dianggap sebagai bau kaporit. Kaporit adalah senyawa kimia yang mengandung klorin dan biasanya digunakan sebagai zat disinfektan air. Pada kolam renang kaporit berfungsi untuk membersihkan air dari bakteri dan virus.

Tak sedikit pengunjung kolam renang yang menganggap kaporit adalah cairan berbahaya. Maka dari itu, banyak pengunjung yang langsung membersihkan tubuhnya sehabis berenang, terutama bila bau kaporit sangat menyengat dari kolam.Hal ini tidak sepenuhnya salah karena pengunjung biasanya diminta menyudahi kegiatannya saat kolam renang hendak dibersihkan dengan kaporit.

Akan tetapi, bila bau kaporit menyengat bukan berarti kandungan senyawa klorinnya tinggi. Bau menyengat itu merupakan reaksi kimia dari percampuran air seni, kotoran, keringat, dan kotoran dari tubuh perenang. Campuran tersebut menghasilkan zat kimia yang disebut kloramina. Kloramina itulah yang mengeluarkan bau menyengat di kolam renang.

Kolam Renang

Sebaliknya, kolam renang yang dirawat dengan baik alias rutin diganti airnya tidak akan menyebarkan bau yang menyengat walaupun diberi kaporit sebagai zat disinfektan. Namun yang perlu diingat, kaporit memang bisa menyebabkan mata menjadi perih dan merah apabila seseorang terlalu lama berenang. Untuk mencegah kondisi ini, ada beberapa cara untuk melindungi tubuh dari kuman.

"Bisa dimengerti mengapa kebanyakan orang berpikir bahwa bau kimia yang mengengat berarti ada terlalu banyak klorin di kolam renang. Akan tetapi faktanya yang terjadi adalah sebaliknya. Untuk membantu mencegah tubuh terkena kloramin yang terbentuk di kolam renang tempat Anda berenang, mandilah sebelum berenang dan pilihlah kolam renang yang sepi pengunjung,” ungkap Chris Wiant, seorang ahli di bidang air seperti yang dikutip dari Mirror, Jumat (6/7/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini