Share

Angela Ponce, Kontestan Transgender Pertama di Ajang Miss Universe

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 07 Juli 2018 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 07 194 1919239 angela-ponce-kontestan-transgender-pertama-di-ajang-miss-universe-PUmhqKH31b.jpg Angela Ponce transgender di Miss Universe (Foto:Instagram)

DARI masa ke masa, dengan segala pro dan kontra, kontes kecantikan selalu berhasil menarik perhatian masyarakat dunia. Akan tetapi, ada perubahan yang terjadi dalam fenomena ajang kontes kecantikan di zaman sekarang.

Ya, perubahan ini bisa dilihat dari kriteria para finalis yang mengikuti ajang tersebut. Jika dulu ajang kecantikan hanya mengizinkan para finalis yang akan berlomba merebut gelar dan mahkota, adalah seseorang yang terlahir sebagai wanita tulen.

Well, sekarang kontes kecantikan Miss Universe diketahui telah mengizinkan kontestan transgender untuk masuk menjadi salah satu peserta. Ialah Angela Ponce, yang seperti dilansir Popsugar, Jumat (6/7/2018) berhasil membuat sejarah dengan memenangkan kontes Miss Universe Spanyol, di mana kemenangannya ini membuat dirinya otomatis melaju menjadi kontestan transgender di ajang Miss Universe untuk pertama kalinya untuk mewakili Spanyol.

BACA JUGA:

5 Pesepakbola Dunia Ini Punya 'Kembaran' di Indonesia, Salah Satunya Idola Remaja Masa Kini

Wanita berusia 26 tahun ini, nantinya akan berkompetisi memperebutkan mahkota dan titel sebagai ratu kecantikan dengan dua puluh dua wanita cantik lainnya dari berbagai penjuru dunia di malam gelaran Miss Universe yang tahun ini akan digelar di Filipina.

Berhasil menjadi kontestan transgender pertama kalinya di kontes kecantikan, melalui pesan di akun laman Instagram pribadinya, Angela menuturkan harapan yang dibawa bersama gelarnya tersebut.

"Tujuan saya adalah menjadi juru bicara untuk menyampaikan pesan soal inklusi, rasa hormat, dan keragaman yang mana tidak hanya untuk komunitas LGBTQ, tetapi juga untuk seluruh dunia," bunyi pesan Angela.

BACA JUGA:

Setelah Celana Jins Mirip Celana Dalam, Kini Ada Celana Panjang Plastik Transparan

Sementara itu, sebelumnya disebutkan lebih lanjut bahwa kontes kecantikan ini sebelumnya tidak mengizinkan adanya kontestan transgender masuk menjadi peserta, di mana peraturan ini berlaku bahkan hingga tahun 2012 silam. Ketika salah seorang kontestan dari Kanada, Jenna Talackova didiskualifikasi dari kompetisi karena tidak terlahir sebagai wanita tulen. Akan tetapi, setelah adanya ancaman hukum dari pengacara hak-hak perempuan, Gloria Allred yang dibuat atas nama Jenna Talackova, akhirnya pihak Miss Universe diketahui mencabut peraturan soal larangan terhadap para kontestan transgender.

Bagaimana menurut pendapat Anda pribadi? Apakah Angela Ponce berhak mengikuti kontes kecantikan ini dan bersaing dengan kontestan lainnya walau berstatus sebagai seorang transgender atau malah sebaliknya?

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini