nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produksi Meningkat, Kopi Indonesia Raih Kategori Spesial

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 07 Juli 2018 18:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 07 298 1919327 produksi-meningkat-kopi-indonesia-raih-kategori-spesial-2cmAeRbyck.jpg Kopi (One Medical)

KOPI berkualitas yang dihasilkan dari sejumlah daerah di Indonesia, semakin dinikmati dan diakui oleh dunia. Selain kualitas yang semakin baik, produksi kopi untuk 2018 juga diprediksi akan mengalami peningkatan dibandingkan 2017.

Ketua Umum Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (SCAI), Syafrudin mengatakan, peningkatan produksi kopi tersebut tergantung pada cuaca. Apabila tidak ada gangguan, ia optimis total produksi kopi di seluruh Indonesia mampu mencapai 800 ribu hektar.

 Baca juga: Tak Ingin Suami Selingkuh, Jangan Lakukan Ini!

“Kesimpulannya produksi 2018 kopi Indonesia Insya Allah lebih baik. Pada 2017 total produksi 670-680 ribu hektar, sementara 2018 akan menjadi 800 ribu hektar. Kualitas yang diproduksi petani Indonesia juga semakin baik,” papar Syafrudin kepada awak media di Anomali Coffee.

 Kopi

Salah satu tolok ukur kopi Indonesia semakin baik adalah kian menjamurnya Specialty Coffee atau komoditas Kopi Spesial. Syafrudin menerangkan, salah satu syarat kopi disebut spesial adalah cupping score yang mencapai 80 dan perhatian yang tinggi pada proses produksi, mulai dari budidaya hingga penjualan.

 Baca juga: Iklan Susu Kental Manis Dinilai Menyesatkan! Siapa yang Salah?

Ia menambahkan, untuk saat ini jenis kopi spesial Indonesia yang sudah diakui adalah Arabika. Sedangkan untuk Robusta sedang diusahakan ke arah sana. Pada indikator penjualan, kopi spesial ini sudah semakin bertumbuh di kalangan pelaku kopi mulai dari supplier/dealer di perkebunan, kedai, hingga cafe.

“Ekspor kopi ke luar negeri kalau tidak ada gangguan cuaca semakin meningkat tiap tahun. Ekspor terbanyak kita ke AS. Ekspor kopi kita luar biasa ke Eropa. Orang-orang di sana kalau mau minum kopi murah ya produksi Vietnam. Tetapi kalau mau yang berkualitas, tentu kopi yang diekspor dari Indonesia,” tukas Syafrudin.

Kopi

 Baca juga: Kota Mural di Prancis, Keindahannya Bikin Kamu Terhipnotis!

Indonesia saat ini tercatat sebagai penghasil kopi nomor 4 di seluruh dunia. Namun, menurut Syafrudin, peringkat tersebut hanya didapat dari data yang tercatat di Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan.

“Yang tidak tercatat lebih banyak di kampung-kampung. Sebetulnya Indonesia penghasil kopi nomor 3 dunia kalau produksi kopi di kampung-kampung itu ikut dalam pencatatan,” tukas Syafrudin.

(rzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini