nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Skrotum Membengkak Hingga 30 cm, Mr P Pria Ini "Hilang"

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 08 Juli 2018 15:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 08 481 1919512 skrotum-membengkak-hingga-30-cm-mr-p-pria-ini-hilang-Iehbvy3CPU.jpg Ilustrasi (Foto: Healthsite)

ALAT reproduksi pria terbagi menjadi 8 yaitu testis, epididimis, vas deferens, kelenjar kelamin, saluran ejakulasi, uretra, penis (zakar), dan skrotum. Setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing namun saling terhubung satu sama lain. Maka apabila ada salah satu bagian yang memiliki masalah, dapat memengaruhi bagian lainnya.

Hal inilah yang dialami oleh seorang pria dari Melbourne, Australia. Skrotum pria yang belum diketahui namanya itu mengalami pembengkakan hingga 30 cm. Ukuran yang sangat besar itu membuat pria tersebut tidak bisa berjalan dan Mr P-nya "menghilang" alias tidak terlihat.

Melansir Mirror, Minggu (8/7/2018), setelah dilakukan pemeriksaan ternyata pria berusia 44 tahun itu menderita limfedema genital. Kondisi ini terbilang kronis yang menyebabkan pasien mengalami masalah di area genital. Pada pria tersebut, dirinya ternyata sudah mengalaminya selama 7 tahun namun tidak menyadarinya.

 (Baca Juga:Pesona 6 Pesepakbola Wanita yang Mampu Membuat Kaum Adam Klepek-Klepek)


Skrotum yang bengkak itu membuat sang pria tidak bisa bergerak seiring berjalannya waktu. Bahkan untuk bangun dari tempat tidurnya dan duduk di kursi, pria tersebut tidak mampu. Selain itu, dia tidak bisa lagi mengemudi dan berhubungan seksual.

Untuk mengatasi masalah ini, dokter terpaksa harus memotong bagian kulit skrotum yang menebal. Dokter juga membuat skrotum kembali dari kulit di area yang tidak terkena pembengkakan.

 (Baca Juga:Kekasih Pesepak Bola Muslim yang Cantik Jelita)

"Buah zakar pria tersebut tidak terdeteksi dan kelenjar penisnya hanya dapat diraba dengan menggunakan jari yang bersarung tangan. Kami memeriksanya ke dalam lipatan kulit tempat munculnya urin," terang dokter yang menangani, Dr Derek Hennessey dalam laporan tertulis di British Medical Journal.

Selain memotong skrotum yang membengkak dan membangunnya kembali, dokter juga berhasil menyelamatkan buah zakarnya, spermatic cord di vas deferens, dan batang penis. Hingga saat ini belum diketahui lebih lanjut mengenai kondisi pria tersebut setelah alat reproduksinya mengalami masalah.

(tam)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini